2 Pasang Capres yang Digadang Kuat di Pilpres 2024

Ada pergeseran kriteria capres: merakyat dan cerdas

Jakarta, IDN Times - Menjelang pemilihan presiden (Pilpres) 2024, bursa calon presiden dan wakil presiden kian ramai, dan sejumlah hasil survei mulai menunjukkan siapa saja sosok yang berpeluang besar menang pada 2024.

Terdapat dua pasangan yang disebut-sebut kuat maju sebagai capres dan cawapres, yaitu Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani, serta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Pakar komunikasi politik, Hendri Satrio, mengatakan masing-masing pasangan, baik Prabowo-Puan maupun Ganjar-Anies memiliki keunggulan dan tantangan tersendiri.

Baca Juga: Tepis Isu Safari Politik Prabowo, Gerindra Klaim hanya Silaturahmi

1. Prabowo-Puan duet yang diunggulkan survei

2 Pasang Capres yang Digadang Kuat di Pilpres 2024Megawati Soekarnoputri (pojok kiri), Prabowo Subianto (tengah) dan Puan Maharani (pojok kanan) ketika bertemu di ruang VVIP Istana Negara pada November 2021 (www.instagram.com/@puanmaharani)

Dilansir ANTARA, pasangan Prabowo-Puan disebut duet yang unggul dalam beberapa survei yang dilakukan, misalnya oleh Saiful Mujani & Consulting dan Center for Political Communication Studies.

Hendri mengatakan kemungkinan duet ini bisa terjadi apabila Prabowo berhasil mendapat kepercayaan dari PDIP, yang sepenuhnya ditentukan ketua umumnya, Megawati Soekarnoputri, untuk maju kembali dalam perebutan kursi presiden RI.

“Belum tentu juga koalisi, kan Puan juga ketemu dengan Anies, dengan AHY, dan lain-lain. Justru, saat ini posisinya Puan yang ada di atas angin. Puan yang menentukan siapa yang ingin dia pilih sebagai capres atau cawapres,” kata dia.

2. Peluang pasangan Ganjar-Anies

2 Pasang Capres yang Digadang Kuat di Pilpres 2024Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Sementara, pasangan Ganjar Pranowo-Anies Baswedan unggul dalam survei yang diadakan Charta Politika dan Indikator Politika.

"Sementara untuk pasangan Ganjar-Anies, apakah Anies ganjar peluangnya bisa disatukan, bisa-bisa saja, tetapi beban berat itu bukan di Anies, tetapi Ganjar Pranowo," kata Hendri.

Guna mendukung Ganjar Pranowo maju pada Pilpres 2024, Sahabat Ganjar bahkan melaksanakan deklarasi serentak di 50 kota di 34 provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Partai Demokrat Belum Tentukan Sikap Resmi Soal Capres 2024

3. Ganjar dan Puan bersaing ketat di internal PDIP

2 Pasang Capres yang Digadang Kuat di Pilpres 2024Ketua Umum DPIP Megawati Seokarnoputri dan sejumlah kader PDIP. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Sebagai politikus PDI Perjuangan, menurut Hendri, elektabilitas Ganjar paling tinggi dan disukai beberapa partai politik untuk menjadi capres. Namun sebagai kader, Ganjar harus ikut arahan partai.
 
Sementara di PDI Perjuangan, Hendri mengatakan, disebut-sebut ada dua nama kuat untuk maju sebagai capres, yaitu Puan Maharani dan Ganjar Pranowo.

Kendati, dosen Komunikasi Politik Universitas Paramadina itu mengatakan, siapa pun capres dan cawapres yang akan diusung partai politik, masyarakat ingin sosok presiden yang The next Jokowi.

Pimpinan lembaga survei KedaiKOPI itu meluncurkan sinyalemen ada pergeseran kriteria capres. Sebelumnya, masyarakat ingin presiden yang merakyat dan cerdas, sekarang menjadi cerdas dan merakyat.

"Perubahan ini menarik, artinya masyarakat sudah berpindah ke calon presiden yang the next Jokowi. Jadi kalau Jokowi merakyat, sekarang coba dicari yang cerdas dan merakyat,“ kata Hendri.

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya