7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga Udara

Pemerintah memperkirakan ada 85 juta pemudik

Jakarta, IDN Times - Beberapa hari lagi, masyarakat muslim di Indonesia akan merayakan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah. Antusiasme mudik tahun ini meningkat, mengingat selama dua tahun terakhir pemerintah membatasi tradisi ini, bahkan melarang Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pegawai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mudik selama Lebaran.

Namun, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pemerintah tahun ini tidak melarang masyarakat mudik Lebaran, karena kasus COVID-19 di Tanah Air mulai melandai. Tapi syaratnya jika mau mudik, masyarakat minimal harus vaksinasi lengkap atau dua dosis. 

"Bagi masyarakat yang ingin melakukan mudik Lebaran dipersilakan, juga diperbolehkan dengan syarat sudah mendapatkan dua kali vaksin dan satu kali booster," ujar Jokowi dalam siaran video di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu 23 April 2022.

Jokowi memperkirakan akan ada 85 juta orang yang akan mudik Lebaran tahun ini. Dan pemudik dari Jabodetabek diperkirakan ada sekitar 14 juta orang.

Suasana mudik pun sudah mulai terasa sejak sepekan sebelum Lebaran. Berikut deretan perjalanan pemudik yang direkam pada 27 dan 28 April 2022.

Baca Juga: Kurangi Antrean Mudik, Kemenhub Tambah Kapal dan Trip di Bakauheni

1. Kepadatan kendaraan di Tol Tangerang-Merak mulai terlihat sejak Selasa, 26 April 2022

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraSejumlah kendaraan melintas di ruas Tol Tangerang-Merak, Kabupaten Tangerang, Banten, Selasa (26/4/2022). (ANTARA FOTO/Fauzan)

2. Tak hanya kendaraan roda empat, pemudik bersepeda motor padati antrean Pelabuhan Merak

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraSejumlah pemudik bersepeda motor antre menunggu giliran masuk ke kapal "Roll on-Roll off" (RoRo) untuk menyeberang ke Pulau Sumatera di Pelabuhan Merak, Banten, Rabu (27/4/2022) dini hari. (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

3. Hujan pun tak menjadi halangan pemudik yang menggunakan kendaraan roda dua pada Rabu kemarin

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraPemudik menerobos hujan saat melintas di jalur Pantura, Widasari, Indramayu, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Dedhez Anggara)

4. Suasana ruang tunggu Stasiun Gambir yang mulai dipadati penumpang hari ini Kamis, 28 April 2022

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraSuasana Stasiun Gambir di puncak mudik Lebaran pada Kamis (28/4/2022) dini hari. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

5. Arus mudik roda empat di Tol Jakarta-Cikampek mulai padat sejak Selasa, 26 April 2022

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraKepadatan kendaraan pemudik akibat pertemuan off ramp arah Cikampek Jalan Tol Layang MBZ dan Jalan Tol Jakarta-Cikampek bawah KM 48 di Karawang, Jawa Barat, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)

6. Kereta bandara pun mulai dipadati calon penumpang yang akan mudik dengan pesawat

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraSuasana KA Bandara menuju Bandara Soekarno-Hatta di puncak arus mudik Lebaran, Kamis (28/4/2022). (IDN Times/Vadhia Lidyana)

7. Mudik gratis BUMN masih ramai peminat, sebanyak 249 bus disediakan ke kota-kota di Pulau Jawa dan Sumatra

7 Potret Antusiasme Pemudik Lebaran di Jalur Darat, Laut, hingga UdaraSuasana Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto/aww.)

Buat yang sedang atau akan melakukan perjalanan mudik tetap menjaga protokol kesehatan. Semoga lanjar dan selamat di perjalanan sampai kampung halaman, ya.

Baca Juga: Mau Mudik? Tiket KA Mudik dari Gambir dan Pasar Senen Masih Tersedia 

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya