Istana Cari Pedagang yang Terima Amplop Kosong dari Jokowi

Istana berharap bisa segera menyelesaikan masalah ini

Jakarta, IDN Times - Kunjungan Presiden Joko "Jokowi" Widodo ke Pasar Cicaheum, Bandung, pada Minggu (28/8/2022) lalu, masih ramai dibicarakan. Perkaranya, salah satu pedagang yang menerima bantuan dari Jokowi mengaku amplop yang diterimanya kosong.

Pengakuan pedagang ini lantas viral di media sosial. Seharusnya amplop bertulis 'Bantuan Kemasyarakatan Presiden Joko Widodo' berisi uang Rp1,2 juta.

Baca Juga: Jokowi Sambangi Pasar Cicaheum Beri Bansos ke Warga dan Pedagang

1. Kepala Sekretariat Presiden buka suara

Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono lantas buka suara atas peristiwa tersebut. Heru yang diminta mengonfirmasi hal itu, langsung memerintahkan staf yang bertugas untuk berkomunikasi dengan pedagang tersebut.

"Saya sudah minta ke staf yang bertugas saat itu di Bandung untuk segera komunikasi ke yang bersangkutan, tentunya melalui kepala pasar setempat," ujar Heru.

Heru berharap masalah tersebut bisa selesai hari ini. "Semoga bisa diatasi hari ini," kata dia.

2. Jokowi berkunjung ke Pasar Cicaheum untuk memberikan bantuan

Istana Cari Pedagang yang Terima Amplop Kosong dari JokowiJokowi kunjungan ke Pasar Cicaheum beri bantuan sosial ke warga dan pedagang, Minggu (28/8/2022). (IDN Times/Debbie Sutrisno)

Seperti diketahui, Presiden Jokowi menyambangi Pasar Cicaheum di Kota Bandung, Minggu (28/8/2022). Kedatangannya untuk memberikan bantuan sosial kepada pedagang pasar dan warga yang tinggal di sekitar pasar.

Jokowi datang sekitar pukul 09.00 WIB. Ditemani sang istri, Ibu Negara Iriana, Jokowi langsung disambut antusias masyarakat yang sudah menunggu sejak pagi hari. Dia pun kemudian bertegur sapa dengan masyarakat yang sudah menantinya.

Setelah itu, Jokowi mendatangi perwakilan warga yang akan menerima bantuan sosial (bansos). Dia sempat berdialog dengan para penerima program PKH. Ia mengingatkan bahwa bantuan yang diberikan agar digunakan untuk modal usaha.

"Untuk tambahan modal usaha," ujarnya kepada ibu-ibu penerima PKH.

3. Selain uang, penerima PKH juga mendapat bantuan sembako

Istana Cari Pedagang yang Terima Amplop Kosong dari JokowiPedagang yang terima bansos di Pasar Cicaheum dari Presiden Jokowi, Minggu (28/8/2022).

Salah satu penerima PKH, Nani (84), berterima kasih atas bantuan yang diberikan Presiden Jokowi. Ia mendapat bantuan Rp1,2 juta dan bisa membelanjakannya untuk kebutuhan harian.

"Saya sekarang tidak bekerja. Jadi tinggal juga di rumah sama anak karena suami sudah meninggal. Bersyukur sekali dapat bantuan ini," kata dia.

Selain uang tunai, penerima PKH juga mendapat bantuan sembako seperti beras, minyak goreng, camilan, hingga gula.

Baca Juga: Jokowi Pastikan 9 Bendungan Baru Bakal Rampung Akhir 2022

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya