Comscore Tracker

Lebih Setengah Juta Tiket Kereta Terjual Selama 22 April hingga 9 Mei

Ada 40.800 orang akan tiba di Jakarta

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 562.923 tiket kereta api jarak jauh terjual untuk keberangkatan pada 22 April sampai 9 Mei 2022.

Tujuan yang paling banyak dipilih penumpang di antaranya tujuan Yogyakarta, Solo, Kutoarjo, Purwokerto, Kebumen, Tegal, Semarang, Surabaya, Malang, Cirebon, dan Bandung.

Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunisa, mengatakan puncak kepadatan volume penumpang keberangkatan pada Stasiun Gambir dan Pasar Senen terjadi mulai 27 April sampai 1 Mei 2022.

Baca Juga: Tiket Kereta Hari H dan Pasca-Lebaran Masih Tersedia Banyak, Serbu!

1. Sebanyak 40.800 orang akan berhenti di Daop 1

Lebih Setengah Juta Tiket Kereta Terjual Selama 22 April hingga 9 MeiANTARA FOTO/Galih Pradipta

Pada Senin (9/5/2022), kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta, sudah mulai terjadi peningkatan.

Eva menyampaikan terdapat sekitar 40.800 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta. Dari jumlah tersebut, sebanyak 14.800 kedatangan penumpang di Stasiun Gambir, 15.300 di Stasiun Pasar Senen, 3.900 di Stasiun Bekasi, 3.800 di Stasiun Jatinegara dan 3.000 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek dan Jakarta Kota.

Daop 1 Jakarta memastikan seluruh penumpang yang turun telah memenuhi persyaratan perjalanan, karena telah dilakukan pemeriksaan di stasiun awal keberangkatan.

Penumpang yang akan datang juga diimbau agar tidak perlu terburu-buru saat turun dari kereta. Dan selalu pastikan seluruh barang bawaan yang ada di area tempat duduk dan tak bagasi tidak tertinggal.

2. Terdapat 11 kereta api tambahan

Lebih Setengah Juta Tiket Kereta Terjual Selama 22 April hingga 9 MeiPorter membawa barang bawaan penumpang Kereta Api Bangunkarta di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Rabu (27/4/2022). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Pada Stasiun Gambir 9 Mei 2022 terdapat 36 KA beroperasi, dari jumlah tersebut, delapan di antaranya merupakan KA tambahan. Adapun volume penumpang berangkat 6.300 atau 36 persen dari total tempat duduk yang tersedia 17.500.

Sementara, Stasiun Pasarsenen terdapat 29 KA beroperasi, tiga KA di antaranya merupakan KA tambahan. Volume penumpang berangkat 9.600 atau 45 persen dari total tempat duduk yang tersedia 21.500.

Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi.

Baca Juga: Jumlah Kedatangan Arus Balik ke Jakarta via Kereta Api Mulai Meningkat

3. Calon penumpang selalu check aplikasi KAI Access untuk membeli tiket

Lebih Setengah Juta Tiket Kereta Terjual Selama 22 April hingga 9 MeiAplikasi KAI Access. (dok. KAI)

Bagi calon pengguna kereta yang masih akan mudik pasca-Lebaran dan baru akan memesan tiket, dapat melakukan pengecekan ketersediaan jadwal dan bertransaksi melalui aplikasi KAI Access.

Kereta Api Indonesia Access (KAI Access) adalah aplikasi pemesanan tiket kereta api yang dikembangkan dan diterbitkan PT Kereta Api Indonesia sejak 2014.

KAI Access merupakan aplikasi resmi dari PT KAI, dan dirilis untuk memenuhi kebutuhan penumpang baik kereta api jarak jauh, menengah, maupun lokal/komuter.

KAI Access menawarkan fitur pemesanan tiket kereta api baik jarak jauh maupun menengah, pemesanan tiket kereta api lokal, pembatalan, pengubahan nomor kursi, dan pengubahan waktu keberangkatan.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya