Jumlah Kedatangan Arus Balik ke Jakarta via Kereta Api Mulai Meningkat

Penumpang palik banyak turun di Stasiun Pasar Senen

Jakarta, IDN Times - PT KAI Daop 1 mencatat mulai adanya peningkatan kedatangan penumpang kereta api dalam arus balik Lebaran 2022 pada Sabtu (7/5/2022). Setidaknya hari ini tercatat ada 39.500 penumpang yang kembali ke Jakarta dan sekitarnya

"Sementara untuk kedatangan penumpang dari daerah lain tujuan Daop 1 Jakarta saat ini sudah mulai terdapat peningkatan, secara total untuk hari ini terdapat sekitar 39.600 penumpang yang akan turun di area Daop 1 Jakarta," ujar Kepala Humas PT KAI Daop 1, Eva Chairunissa.

1. Penumpang paling banyak turun di Stasiun Pasar Senen

Jumlah Kedatangan Arus Balik ke Jakarta via Kereta Api Mulai MeningkatStasiun Pasar Senen. (IDN Times/Besse Fadhilah)

Eva menjelaskan, para pendatang itu turun di berbagai stasiun seperti Gambir, Pasar Senen, Bekasi, dan Jatinegara. Data KAI Daop 1 mencatat, kedatangan paling banyak ada di Stasiun Pasar Senen.

"15.600 (kedatangan) di Stasiun Pasar Senen," ujar Eva.

Stasiun Gambir mencatat ada 15.100 kedatang per hari ini. Sementara itu, terdapat 4.300 kedatangan di Stasiun Bekasi dan 3.500 di Stasiun Jatinegara.

"1.100 lainnya merupakan jumlah penumpang datang di Stasiun Cikampek, dan Jakarta Kota," ujar Eva.

Baca Juga: Jasa Raharja Harap Pemudik Arus Balik Setertib Arus Mudik

2. Keberangkatan dari Jakarta masih tinggi

Jumlah Kedatangan Arus Balik ke Jakarta via Kereta Api Mulai MeningkatSuasana Stasiun Gambir di puncak mudik Lebaran pada Kamis (28/4/2022) dini hari. (IDN Times/Vadhia Lidyana)

Meski begitu, jumlah keberangkatan dari Jakarta masih tetap tinggi. KAI Daop 1 mencatat, hari ini setidaknya terdapat setidaknya ada 27.400 orang yang dijadwalkan berangkat ke berbagai daerah di luar Jakarta.

"Dari jumlah tersebut dapat dikatakan volume keberangkatan dari area Daop 1 Jakarta masih cukup tinggi," ujar Eva.

3. Kemenhub prediksi arus balik Lebaran 2022 pada 6-8 Mei

Jumlah Kedatangan Arus Balik ke Jakarta via Kereta Api Mulai MeningkatIDN Times/Galih Persiana

Kementerian Perhubungan memprediksi puncak arus balik mudik Lebaran 2022 berlangsung pada 6-8 Mei 2022. Prediksi itu berdasarkan hitungan hari masuk kantor (office day) pada 9 Mei mendatang.

Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Adita Irawati mengatakan, puncak arus balik ke wilayah Jakarta dan daerah penyangga lainnya kemungkinan besar jatuh pada 6, 7, dan 8 Mei.

“Arus balik puncaknya sekitar 6-8 Mei ini, tetap tegakkan protokol kesehatan untuk pemudik,” kata Adita saat dihubungi IDN Times, Selasa (3/5/2022).

Adita mengimbau agar pemudik bisa balik lebih awal demi menghindari kemacetan. Pemudik juga bisa menghindari kembali ke Ibu Kota pada tanggal 6-8 Mei, sehingga tak terkena kemacetan.

“Mengingat puncak mudik akan sangat padat, untuk menghindari kemacetan panjang agar para pemudik bisa kembali atau balik lebih awal atau di atas tanggal 8, jika bisa memperpanjang cuti, khususnya pengguna mobil pribadi,” kata Adita.

Baca Juga: Sepulang Mudik Perlu Ganti Oli Motor Lagi?

Topik:

  • Vanny El Rahman

Berita Terkini Lainnya