10 TPS di Riau Lakukan Pencoblosan Ulang dan Lanjutan

Pencoblosan ulang antara lain akibat bencana banjir

Jakarta, IDN Times - Paska pemungutan suara Pilkada Serentak 2018 pada Rabu (27/6), 10 TPS di Riau harus kembali melakukan pencoblosan ulang dan lanjutan. Pelaksanaan pencoblosan ulang tersebut untuk pemilihan gubernur dan wakil gubernur, serta pemilihan bupati.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau Rusidi Rusdan, seperti ilansir dari ANTARA, Minggu (1/7).

1. Akibat banjir, banyak yang tidak datang ke TPS

10 TPS di Riau Lakukan Pencoblosan Ulang dan LanjutanIDN Times/Reza Iqbal

Rusidi mengungkapkan, adanya pencoblosan ulang di empat wilayah Riau tersebut, akibat dari banjir tepat di hari pemungutan suara. Sehingga, banyak warga yang tidak bisa hadir untuk menggunakan hak pilihnya.

"Hal ini diakibatkan adanya bencana alam banjir pada hari pemungutan suara Rabu (27/6) lalu, dimana sekitar 70 orang warga masyarakat tidak dapat datang ke TPS karena lokasinya di seberang sungai," kata Rusidi, di Riau, Sabtu (30/6).

2. TPS tersebar di beberapa kecamatan

10 TPS di Riau Lakukan Pencoblosan Ulang dan LanjutanIDN Times/Ardiansyah Fajar

Rusidin pun menyebut keempat TPS yang harus melakukan pencoblosan ulang. Diantaranya, di TPS 1 Desa Gajah Bertalut, Kecamatan Kampar Kiri Hulu, Kabupaten Kampar. Kedua di TPS 03 Desa Bunga Raya, Kecamatan Bunga Raya, Siak dan ketiga TPS 13 Kelurahan Bukit Batrem, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai. Keempat, di TPS 005 Desa Pekan Tebih, Kecamatan Kepenuhan, Hulu Kabupaten Rokan Hulu.

Sementara untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Inderagiri Hilir, pelaksanaan pemungutan suara ulang berada di TPS 1 Desa Sungai Luar Kecamatan Batang Tuaka.

3. Pencoblosan ulang dilakukan di hari yang berbeda

10 TPS di Riau Lakukan Pencoblosan Ulang dan LanjutanIDN Times/Reza Iqbal

Rusidi dan juga rombongannya akan ikut memantau jalannya penghitungan surat suara di TPS tersebut hingga selesai. Jumlah pemilih yang datang dan menggunakan hak pilihnya 189 orang dari total pemilih tetap 293.

Pemungutan suara ulang dan lanjutan dilaksanakan di hari yang berbeda. Satu TPS di Kampar menggelar pemungutan suara pada hari Kamis (28/6) lalu. Kelima TPS melakukan pencoblosan ulang di hari Sabtu (30/6). Dan 4 TPS lainnya akan melakukan pemungutan suara pada hari Minggu (1/7).

"Empat lagi dilaksanakan pada Minggu (1/7), tiga TPS di Pekanbaru serta satu di Rokan Hilir," jelasnya.

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya