2 Tim Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana Hari Ini, Apa Saja?

Upacara dibagi menjadi dua sesi, sesi pagi dan sesi siang

Jakarta, IDN Times - Karena virus corona atau COVID-19 masih melanda, upacara HUT ke-75 RI akan digelar berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Pada upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-75 RI di Istana Kepresidenan hari ini, akan dibagi menjadi dua sesi.

Sesi pertama atau pagi yaitu Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi yang digelar pukul 09.00 WIB. Sedangkan sesi kedua atau siang yaitu Upacara Penurunan Bendera Negara Sang Merah Putih yang digelar pukul 15.45 WIB.

Lalu, siapa saja yang bertugas di sesi pertama dan kedua?

Baca Juga: Ini 8 Nama Paskibraka Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana 

1. Nama-nama yang bertugas di Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan

2 Tim Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana Hari Ini, Apa Saja?Paskibraka yang akan bertugas di Upacara HUT RI yang ke 75 di Istana Negara pada Senin (17/8/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk sesi pagi, akan dilaksanakan oleh Tim Sabang. Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Asops Paspampres Kolonel Inf Muhammad Imam Gogor.

Lalu, Paskibraka yang bertugas di pagi hari ini berjumlah tiga orang, mereka adalah I Gusti Agung Bagus Kade Sangga EiravAdhita (SMAN 1 Mendoyo, Bali), Indrian Puspita Rahmadhani (SMAN 1 Bireuen, Aceh), dan Muhammad Adzan (MAN 2 Kota Bima, NTB).

2. Nama-nama yang bertugas di Upacara Penurunan Bendera Merah Putih

2 Tim Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana Hari Ini, Apa Saja?Latihan Upacara HUT ke-75 RI di Istana (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Di sesi kedua atau sore dilaksanakan oleh Tim Merauke. Upacara akan dipimpin oleh Kasatgaswil Densus 88 AT Polri yaitu Kombes Polisi Christ Reinhard Pusung.

Paskibraka yang bertugas di sore hari juga terdiri dari tiga orang, mereka adalah Muhammad Asri Maulana (SMAN 1 Kandangan, Kabupaten HSS, Kalsel), Sylvia Kartika Putri (SMA Sawasta Kartika 1-4 Pematang Siantar, Sumut), dan Sudrajat Prawijaya (SMAN 4 Rejang Lebong, Bengkulu).

3. Komposisi petugas upacara di Istana Kepresidenan

2 Tim Upacara HUT ke-75 RI yang Bertugas di Istana Hari Ini, Apa Saja?Latihan Upacara HUT ke-75 RI di Istana (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Dibanding tahun-tahun sebelumnya, jumlah petugas upacara HUT ke-75 RI berbeda tahun ini. Menurut Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Pratikno, berikut komposisi petugas upacara di Istana Kepresidenan.

1. Komandan Upacara sebanyak 1 orang

2. Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebanyak 3 orang, berasal dari cadangan Paskibraka 2019

3. Pasukan Upacara sebanyak 20 orang, berasal dari TNI/Polri

4. Korps musik sebanyak 24 orang

5. MC sebanyak 2 orang

6. Pasukan Pelaksana Tembakan Kehormatan saat Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebanyak 17 orang, berasal dari TNI

Dalam Surat Edaran Menteri Sekretaris Negara Pratikno, pejabat yang diundang ke Istana hanya mereka yang bertugas saja. Untuk pejabat lainnya, diminta mengikuti prosesi Upacara HUT ke-71 RI melalui virtual.

"Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku inspektur upacara), dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca teks proklamasi), Menteri Agama (pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat," demikian tertulis dalam Surat Edaran Pratikno itu.

Baca Juga: Upacara HUT ke-75 RI di Istana saat Pandemik, Apa Saja Bedanya?

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya