Amien Rais Imbau Pilpres Tak Didanai Asing, Apa Kata Kubu Jokowi?

Amien akan mengingatkan Prabowo juga bila gunakan dana asing

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengimbau agar kampanye di Pilpres 2019 dilakukan dengan damai. Ia juga mengungkapkan agar tak ada dana kampanye yang berasal dari asing.

Mendengar pernyataan Amien tersebut, Sekretaris Jenderal PPP Arsul Sani mengatakan bahwa koalisi Jokowi memang tidak pernah memakai dana asing untuk kampanye. 

Ia sepakat soal imbauan untuk tidak menggunakan sumber dana asing dalam Pilpres 2019.

1. Amien imbau tak gunakan pihak asing dalam Pilpres 2019

Amien Rais Imbau Pilpres Tak Didanai Asing, Apa Kata Kubu Jokowi?IDN Times/Vanny El Rahman

Sebelumnya, Amien mengajak kubu Jokowi agar kampanye yang akan berlangsung selama tujuh bulan tersebut, bisa dilalui dengan penuh kesejukan, kedamaian, dan transparan. 

Kemudian, Amien pun mengimbau agar tidak ada kekuatan asing yang mencampuri urusan Pileg dan Pilpres mendatang.

"Saya ikut Pak Prabowo dan Pak Sandi. Jika Pak Prabowo menerabas, maka saya ingatkan. Jadi please, please, please, kita tidak pernah menggunakan kekuatan asing dari barat, timur, selatan. Itu skandal, itu aib. Tidak boleh kita kerjakan," ujar Amien di SMESCO, Jakarta Selatan, Minggu (23/9).

2. Arsul merasa tak pernah ada pihak asing yang terlibat

Amien Rais Imbau Pilpres Tak Didanai Asing, Apa Kata Kubu Jokowi?(Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Arsul Sani) IDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mendengar pernyataan Amien tersebut, Arsul pun menyampaikan bahwa sejauh ini memang tidak ada pihak asing yang terlibat dalam Pilpres 2019. Bahkan diakuinya, koalisi Jokowi tak pernah membahas program-program politik bersama dengan kedutaan besar.

"Memangnya ada pihak asing yang sudah terlibat? Sejauh ini gak. Kita juga bahkan sampai sekarang gak pernah ketemu hanya sekedar untuk bertanya seperti teman-teman media, program, atau politik ke depan dengan kedubes-kedubes, gak pernah," kata Arsul di Posko Cemara, Jakarta Selatan, Senin (24/9).

Baca Juga: Ini Rincian Penggunaan Dana Kampanye Rp11 Miliar Koalisi Jokowi-Ma'ruf

3. Kubu Jokowi setuju tak boleh libatkan pihak asing

Amien Rais Imbau Pilpres Tak Didanai Asing, Apa Kata Kubu Jokowi?ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Meski begitu, Arsul mengaku tetap setuju terhadap imbauan Amien tentang tak boleh gunakan pihak asing dalam Pilpres 2019. Dan koalisi Jokowi tentu akan ikut mengawal hal itu.

"Jadi kalau sebuah imbauan yang bersifat normatif itu kita setuju saja. Memang asing tidak boleh ikut campur, proses Pemilu dan Pilpres. Nanti sama-sama kita kawal," ungkapnya.

Ikuti terus berita-berita seputar Pilpres 2019 di IDN Times melalui tagar #MillennialsMemilih.

Baca Juga: Amien Rais: Koalisi Prabowo Kekurangan Logistik, Butuh Pengorbanan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya