Amien Rais: Tanggal 1 April, Kubu Prabowo akan Audit KPU

Menurut Amien, hal ini untuk buktikan bahwa KPU jujur

Jakarta, IDN Times - Dewan Penasehat Persaudaraan Alumni 212, Amien Rais, menghadiri aksi yang digelar oleh Forum Umat Islam (FUI) untuk menuntut Pemilu yang adil, bersih, dan tanpa kecurangan. Aksi tersebut digelar di depan Komisi Pemilihan Umum (KPU), usai salat Jumat.

Selain menyampaikan orasi, Amien Rais juga berujar bahwa kubu capres-cawapres nomor urut 02 telah mempersiapkan pasukan IT untuk ke KPU. Hal ini menurutnya perlu dilakukan untuk proses audit KPU jelang Pemilu.

1. Kubu 02 akan bawa tim IT untuk audit KPU

Amien Rais: Tanggal 1 April, Kubu Prabowo akan Audit KPUIDN Times/istimewa

Usai menyampaikan orasinya agar KPU dan Bawaslu berlaku adil di Pemilu 2019, ia mengatakan bahwa kubu nomor urut 02 dari pasangan Prabowo-Sandiaga, akan membawa tim IT ke KPU guna melakukan audit forensik kepada IT-nya KPU.

"Saya peringatkan, bahwa pada awal April nanti, tim Adil Makmur akan datang dengan full force IT-nya. Kita akan meminta audit forensik terakhir. Kalau gak mau, berarti memang ada niat curang ya," ujar Amien di Gedung KPU, Jakarta Pusat, Jumat (1/3).

Baca Juga: Amien Rais: Bila KPU dan Bawaslu Curang, Kami akan Buat Perhitungan

2. Amien akui tak ingin berburuk sangka pada KPU

Amien Rais: Tanggal 1 April, Kubu Prabowo akan Audit KPUIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski begitu, ia mengaku tak ingin berspekulasi lebih jauh tentang kecurangan yang dilakukan oleh KPU. "Saya belum bisa mengatakan ada curang atau tidak, sekali pun gejala-gejala itu sudah kelewatan dan terlihat secara terang benderang. Tapi kita masih khusnudzon, kita masih ada agak baik sangka," jelasnya.

3. Amien Rais paparkan faktor-faktor potensi kecurangan

Amien Rais: Tanggal 1 April, Kubu Prabowo akan Audit KPUIDN Times/dok.istimewa

Amien mengatakan, ada beberapa faktor yang membuat adanya potensi kecurangan di Pemilu 2019. Ia pun menjelaskan beberapa faktor tersebut, salah satunya tentang adanya pemilih bodong di Daftar Pemilih Tetap (DPT). "Sudah ada 31 juta (DPT ganda), disisir ternyata semua bodong. Kemudian ratusan ribu e-KTP, ada yang dibuang ke sawah, ke sungai, ke tong sampah, dan berceceran di jalan. Ini apa-apaan," tegas Amien di Gedung KPU, Jumat (1/3).

4. Akan lakukan perhitungan apabila terbukti KPU curang

Amien Rais: Tanggal 1 April, Kubu Prabowo akan Audit KPUIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lalu, ia mengimbau agar Pilpres dan Pileg bisa berjalan dengan terbuka. Menurutnya, apabila terbukti ada kecurangan, mereka akan membuat perhitungan. "Jangan sampai KPU dan Bawaslu main sendiri disamping sebagai pelaksana, mereka kan dibayar untuk jujur. Karena itu, kalau sampai terjadi kecurangan masif dan sistematis, kita akan buat perhitungan," pungkas Amien.

Baca Juga: Orasi di Depan Gedung KPU, FUI Bacakan Sumpah Ini

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya