Comscore Tracker

Asian Games 2018 Buat Wisatawan Mancanegara Betah di Indonesia

78.854 turis asing datang ke Indonesia selama Asian Games

Jakarta, IDN Times - Sebulan berlalu penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang, memberikan kenangan indah dan mempererat persahabatan antar negara. Dengan menjadi tuan rumah dalam ajang olahraga bergengsi di Asian tersebut, Indonesia terkena dampak yang cukup besar.

Tidak hanya memberikan dampak dalam bidang pariwisata, Asian Games 2018 rupanya juga membuat para wisatawan mancanegara betah berlama-lama berada di Indonesia.

1. Asian Games berdampak pada pariwisata Indonesia

Asian Games 2018 Buat Wisatawan Mancanegara Betah di IndonesiaANTARA FOTO/INASGOC/M Agung Rajasa

Menurut catatan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), sebanyak 78.854 wisatawan mancanegara datang ke Indonesia selama penyelenggaraan Asian Games 2018 berlangsung. Hal itu berdampak langsung kepada perekonomian, khususnya di bidang pariwisata.

Dalam catatan BAPPENAS, para wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia tersebut berhasil mendatangkan Rp3,7 triliun untuk pemasukan negara. Disampaikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS Bambang Brodjonegoro, dari 78,854 wisatawan asing yang datang selama Asian Games 2018, mereka mengeluarkan uang untuk berbelanja hingga mencapai Rp1,9 triliun. 

"Sementara itu wisatawan domestik mengeluarkan Rp1,8 triliun. Ini langkah baik untuk mengangkat industri pariwisata nasional," jelas Bambang di Jakarta, Jumat (19/10).

2. Beberapa wisatawan menetap lebih dari 10 hari di Indonesia

Asian Games 2018 Buat Wisatawan Mancanegara Betah di IndonesiaGoogle

Meski Asian Games telah berlalu, ternyata beberapa wisatawan mancanegara ada yang tetap menetap di Indonesia. Data BAPPENAS mengatakan terdapat empat negara asal macanegara yang menetap di Indonesia lebih dari 10 hari usah perhelatan Asian Games 2018 berlalu. Keempat wisatawan tersebut berasal dari India, Tiongkok, Belanda, dan Singapura.

Wisatawan India menetap selama 17 hari, Tiongkok dengan 16 hari, serta Belanda dan Singapura dengan 15 hari. 

“Wisatawan asal Belanda yang hadir ternyata memiliki pertalian darah dengan Indonesia. Jadi kita anggap mereka mudik sambil bervakansi di tanah leluhurnya. Kembali, ini adalah potensi wisata yang perlu kita garap ke depannya,” terang Bambang.

Baca Juga: Di Asian Games, Wisatawan Belanja Hingga Rp3,7 Triliun

3. Pulau Kemaro Sumatera Selatan masuk top three destinasi wisata

Asian Games 2018 Buat Wisatawan Mancanegara Betah di Indonesia(Pulau Kemaro) Instagram/@deha233

Sementara, Ketua Panitia Pelaksana Asian Games 2018 Erick Thohir menyampaikan tempat-tempat yang dijadikan destinasi wisata para wisatawan mancanegara. Salag satunya adala Pulau Kemaro, Sumatera Selatan 

Top three destinasi wisata yang dituju oleh wisatawan mancanegara adalah Pulau Kemaro (Sumatera Selatan), Bali dan juga Batam. Bandung menyusul di posisi ke-empat. Ini data untuk pengembangan pariwisata Indonesia melalui branding yang optimal,” jelas Erick.

4. Wisatawan mancanegara banyak mengalokasikan dana untuk souvenir

Asian Games 2018 Buat Wisatawan Mancanegara Betah di IndonesiaIDN Times/Lucia Vania

Selama berada di Indonesia, Erick katakan bahwa wisatawan mancanegara paling banyak mengalokasikan dana mereka untuk suvenir dengan Rp655 miliar dan akomodasi atau penginapan dengan Rp521 miliar. 

Erick pun mengungkapkan bahwa dari data tersebut, impian Indonesia untuk mempromosikan keindahan alam dan juga budaya telah terpenuhi. Terutama souvenir yang menjadi sah satu kunci pengenalan Indonesia kepada dunia.

“Tentunya suvenir tersebut akan pajang di rumah atau kantor mereka. Semoga dapat memancing rasa penasaran dari koleganya akan Indonesia. Kita sangat bangga mereka betah berlama-lama di sini. Semoga pengalaman ini dapat kita tingkatkan ke depannya demi kemajuan industri pariwisata Indonesia,” tambah Erick.

Baca Juga: Berkat Asian Games, 3 Kota Ini Jadi Naik Daun di Kalangan Turis Asing

Topic:

  • Dwifantya Aquina
  • Ita Lismawati F Malau

Just For You