Banten Diguncang Gempa, Jokowi: Pasti Saya Monitor Terus

Presiden Jokowi akan terus memantau situasi di Banten

Jakarta, IDN Times - Wilayah Samudera Hindia di selatan Jawa diguncang gempa tektonik, Jumat (2/8), pukul 19.03.21 WIB. 
Gempa yang mengguncang Banten tersebut diketahui berkekuatan hingga 7,4 magnitude, dan terletak pada koordinat 7.54 LS dan 104.58 BT tepatnya di laut pada kedalaman 10 kilometer.

Terkait gempa tersebut, Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengaku akan terus memonitor perkembangan gempa yang terjadi di Banten tersebut. Ia juga menyebut telah menghubungi pihak terkait untuk mengetahui kondisi di lapangan.

"Ya Terus kita ikuti, tadi kita tahu jam 7 lebih 3 menit malam, ada gempa di barat daya Banten, dan juga kita rasakan tadi di Jakarta, dan saya terus monitor. Tadi saya telepon ke lapangan juga," kata Jokowi di halaman Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (2/8).

BMKG yang sebelumnya menyebut gempa tersebut berpotensi tsunami, Jokowi pun merasa lega karena ternyata BMKG sudah mengakhiri peringatan tersebut.

"Yang paling penting, saya monitor sejak jam 7 tadi, Alhamdulillah tidak ada ikutan tsunami dan peringatan untuk potensi tsunami baru saja berakhir," terang dia.

Ia juga berharap agar kondisi di lapangan baik semuanya. Jokowi juga meminta kementerian dan lembaga terkait untuk bertindak cepat memberi pertolongan.

"Saya sudah perintahkan juga kepada BNPB, TNI, Polri, dan Menteri Sosial untuk bertindak cepat apabila memang kita harus ada yang bergerak," ujar dia.

Baca Juga: Akhiri Status Peringatan Tsunami, BMKG Ralat Magnitudo Gempa

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya