Comscore Tracker

Baru Dilantik Jadi Wantimpres, Pesan Wiranto: Jangan Banyak Tanya Dulu

Wiranto juga berterima kasih pada Presiden Jokowi

Jakarta, IDN Times - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Wiranto, telah resmi dilantik oleh Presiden Joko "Jokowi" Widodo siang ini, Jumat (13/12).

Usai dilantik menjadi Wantimpres, awak media pun mulai mendekati Wiranto dan meminta tanggapannya.

Wiranto berbicara tentang dirinya yang ditunjuk sebagai penasihat presiden, hingga meminta wartawan agar jangan banyak bertanya dulu padanya lantaran dia belum mulai bekerja sebagai Ketua Wantimpres.

1. Wiranto minta wartawan jangan banyak bertanya karena ia belum mulai bekerja

Baru Dilantik Jadi Wantimpres, Pesan Wiranto: Jangan Banyak Tanya DuluKetua Wantimpres Wiranto memberikan keterangan pers, di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Ketika ditanya tentang alasan Jokowi kembali memilihnya, Wiranto enggan berkomentar banyak. Ia meminta hal itu tidak ditanyakan kepadanya, melainkan langsung ditanyakan kepada Jokowi.

"Ya jangan tanya saya dong, tanya Pak Jokowi-nya," kata Wiranto di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12).

Sebelum mendapatkan pertanyaan selanjutnya dari para jurnalis, Wiranto pun meminta wartawan agar tidak bertanya karena dia belum mulai kerja, sehingga tak bisa banyak menanggapi.

"Tapi gini lho, lebih baik kamu jangan terlalu banyak tanya. Saya belum bekerja. Hari Senin nanti saya baru bekerja, itu pun baru nanti serah terima dengan yang lama. Setelah itu baru saya akan bicara," ujar Wiranto.

Baca Juga: Apa Alasan Jokowi Menunjuk Wiranto sebagai Ketua Wantimpres?

2. Wiranto berterima kasih pada Jokowi diangkat sebagai Wantimpres

Baru Dilantik Jadi Wantimpres, Pesan Wiranto: Jangan Banyak Tanya DuluPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 13 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Mengenai kembali dipilih Jokowi di pemerintahan, Wiranto pun mengucapkan terima kasihnya. Menurutnya, ia dan anggota Wantimpres lainnya akan bekerja untuk pemerintah ke depan.

"Terima kasih kepada pemerintah, kepada Presiden Jokowi yang telah memberikan kesempatan kepada saya dan kawan-kawan untuk terus berhikmat dalam pemerintahan, memberikan suatu sumbang pikir dalam rangka pemerintahan Pak Jokowi yang kedua," ucapnya.

3. Wiranto akui sudah mengenal pemerintahan Jokowi

Baru Dilantik Jadi Wantimpres, Pesan Wiranto: Jangan Banyak Tanya Dulu(Wiranto ketika menghadiri acara perpisahan di kantor Kemenkopolhukam) ANTARA FOTO/Humas Polhukam

Wiranto berpendapat bahwa tidak mudah memberikan pertimbangan kepada seorang presiden. Namun, karena sebelumnya ia pernah berada di Kabinet Jokowi, Wiranto mengaku telah mengenal pemerintahan Jokowi seperti apa.

"Paling tidak saya paham obsesi kenegarawanan beliau tentang negeri ini. Mudah-mudahan kami bisa memberikan sumbang pikir dalam ruang yang mungkin berbeda dengan instrumen yang beliau sudah ada," tutur Wiranto.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Sah! Jokowi Lantik Wiranto Hingga Habib Luthfi Jadi Wantimpres

Topic:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Just For You