[BREAKING] Jokowi Perpanjang PPKM, Sejumlah Daerah Turun Level

Kasus COVID-19 diklaim yang semakin membaik dalam sepekan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level di Jawa-Bali hingga 6 September 2021. Dalam perpanjangan PPKM level tersebut, pemerintah menurunkan level sejumlah wilayah di Jawa-Bali.

"Untuk wilayah Jawa-Bali terdapat penambahan aglomerasi yang masuk level 3 yakni Malang Raya dan Solo Raya," kata Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (30/8/2021).

Sehingga, lanjut Jokowi, wilayah aglomerasi di Jawa-Bali yang levelnya turun jadi level 3 adalah Jabodetabek, Bandung Raya, Surabaya Raya, Solo Raya, dan Malang Raya.

"Untuk Semarang Raya berhasil turun ke level 2, sehingga secara keseluruhan di Jawa-Bali ada perkembangan yang baik," ujar Jokowi.

Penurunan PPKM level ini, tambah Jokowi, lantaran melihat perkembangan kasus COVID-19 yang semakin membaik dalam seminggu ini. Dia mengatakan, positivity rate hingga keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) rumah sakit juga menurun.

"Tingkat positivity rate terus menurun. Dalam tujuh hari terakhir, tingkat keterisian rumah sakit untuk kasus COVID semakin membaik. Rata-rata BOR nasional sudah berada di sekitar 27 persen," jelasnya.

Baca Juga: Meski Terapkan PPKM Level, Zonasi COVID-19 Masih Digunakan di RT/RW

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya