Comscore Tracker

Bukan Beli, Jokowi Bakal Sewa Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke AS

Bukan dibeli untuk pesawat kepresidenan

Jakarta, IDN Times - Sekretaris Kabinet Pramono Anung menjelaskan tentang isu Presiden Joko "Jokowi" Widodo dikabarkan memiliki pesawat kepresidenan baru berbadan lebar tipe Boeing 777-300 ER yang disewa dari Garuda Indonesia. Namun, kabar tersebut sebelumnya telah dibantah oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Senada dengan Pratikno, Pramono pun membantah hal itu. Politikus PDIP itu menyebut bahwa pesawat yang beredar di media sosial itu hanya akan disewa untuk digunakan Jokowi saat kunjungan ke Amerika.

1. Pramono benarkan Istana akan sewa pesawat Garuda Indonesia

Bukan Beli, Jokowi Bakal Sewa Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke ASSekretaris Kabinet Pramono Anung di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat 28 Februari 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Pramono menerangkan, Presiden Jokowi akan menghadiri acara US-ASEAN Special Summit di Amerika sekaligus melakukan kunjungan kenegaraan ke sana. Menurutnya, pesawat Boeing 777-300 ER memang akan disewa Istana agar tidak terlalu banyak transit saat di perjalanan.

"Apabila menggunakan pesawat kepresidenan sekarang, itu harus transit tiga kali berdasarkan pengalaman yang dulu, setiap transit harus mengisi bahan bakar dan dihitung biayanya, akhirnya menjadi lebih mahal," ujar Pramono di Kompleks Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (28/2).

2. Pesawat berbadan lebar tidak terlalu banyak transit jika perjalanan jauh

Bukan Beli, Jokowi Bakal Sewa Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke ASSekretaris Kabinet Pramono Anung (IDN Times/Fitang Budhi Adhitia)

Menurut Pramono, biaya yang dikeluarkan saat melakukan perjalanan jauh akan lebih besar saat menggunakan pesawat kepresidenan yang sering digunakan Jokowi itu. Sehingga, untuk perjalanan ke Amerika kali ini memang membutuhkan pesawat yang lebih besar.

"Dibandingkan dengan menggunakan pesawat yang selama ini digunakan udah lebih mahal, capek, kemudian, yang diangkut juga terbatas," jelasnya.

Baca Juga: Polemik Boeing 737 Max 8, Petinggi Boeing Bungkam Usai Bertemu Garuda

3. Jokowi ingin perjalanan lebih murah dengan menyewa pesawat Garuda Indonesia

Bukan Beli, Jokowi Bakal Sewa Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke ASPramono Anung menilai Omnibus Law harus dikeluarkan Indonesia. IDN Times/ Alfi Ramadana

Oleh karena itu, Jokowi pun meminta untuk menyewa pesawat Garuda Indonesia agar tidak transit terlalu banyak dan perjalanan lebih murah. Jadi, kata Pramono, Istana pun menyiapkan untuk menyewa pesawat tersebut.

"Sehingga yang beredar itu adalah pesawatnya Garuda, yang kemudian dipersiapkan untuk di sewa oleh kita," tutur Pramono.

4. Jokowi sewa pesawat untuk perjalanan jauh saja

Bukan Beli, Jokowi Bakal Sewa Pesawat Garuda untuk Kunjungan ke ASAturan Omibus Law mempermudah urusan perizinan. IDN Times/ Alfi Ramadana

Pramono mengatakan Jokowi akan melakukan perjalanan ke Amerika Serikat pada Maret mendatang. Ia menjelaskan, Jokowi menyewa pesawat hanya untuk perjalanan jauh. Selama perjalanannya dekat, menurutnya Presiden akan menggunakan pesawat Boeing Bussines Jet (BBJ).

"Yang jauh-jauh aja. Tapi kalau perjalanan seperti ke Abu Dhabi yang selama termasuk ke Eropa, kemarin masih pake BBJ," jelas dia.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Istana Bantah Jokowi Beli Pesawat Kepresidenan Baru

Topic:

  • Teatrika Handiko Putri
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya