Cegah Kerumuman di Tanah Abang, TNI-Polri Dirikan Pos Pengamanan

TNI-Polri akan membagi skala prioritas pembeli

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya bersama TNI telah mendirikan posko pengamanan untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan masyarakat di Pusat Grosir Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selain itu, disiplin protokol kesehatan akan dilakukan di Pasar Tanah Abang. Hal itu disampaikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus.

"Menyangkut masalah yang ramai di Pasar Tanah Abang, pertama kita dari pihak kepolisian akan menindaklanjuti, kita akan melakukan pendisiplinan masyarakat untuk taat aturan 5M jangan sampai terjadi kerumunan lagi di sana," ujar Yusri seperti dikutip dari ANTARA, Minggu (2/5/2021).

Baca Juga: Pemprov DKI Larang Warga Masuk Pasar Tanah Abang jika Tak Pakai Masker

1. Posko pengamanan didirikan untuk melakukan pengawasan protokol kesehatan

Cegah Kerumuman di Tanah Abang, TNI-Polri Dirikan Pos PengamananANTARA FOTO/Galih Pradipta

Yusri mengatakan aparat keamanan akan menindaklanjuti secara serius terkait kerumuman di Pasar Tanah Abang. Oleh karena itu, pihaknya mendirikan posko pengamanan di lokasi.

Posko pengamanan itu mulai didirikan pada Minggu (2/5/2021). Lewat posko pengamanan tersebut pengawasan protokol kesehatan masyarakat di lokasi akan semakin diperketat.

"Mulai (Minggu) kita akan dirikan pos pengamanan di sana dari polisi, TNI dan pemerintah daerah di sana. Di pos itu kita siapkan masker, kita ketatkan patroli bersama di situ untuk menghindari kerumunan," ujar Yusri.

2. Pembeli dengan kuota grosir akan diprioritaskan

Cegah Kerumuman di Tanah Abang, TNI-Polri Dirikan Pos PengamananANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/aww.

Untuk mencegah terjadinya kerumunan, aparat akan mengatur skala prioritas pembeli. Menurut Yusri, pihaknya akan memprioritaskan pembeli dengan kuota grosiran di Pasar Tanah Abang.

"Kita akan mengatur skala prioritas belanja untuk Pasar Grosir Tanah Abang bagi pengunjung yang beli grosiran yang biasanya pembelanja antarkota. Lalu yang pembelanja untuk pribadi kita urai di pasar khusus yang bukan jual grosiran," ucap dia.

Baca Juga: DKI Jakarta Mulai Vaksinasi Pedagang Pasar, Diawali di Tanah Abang

3. Polri minta masyarakat yang berbelanja di Pasar Tanah Abang tetap menaati protokol kesehatan

Cegah Kerumuman di Tanah Abang, TNI-Polri Dirikan Pos PengamananWarga berbelanja pakaian yang dijual pedagang kaki lima di Jalan Jati Baru II, Tanah Abang, Jakarta, Senin (18/5). (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

Lebih lanjut, Yusri meminta masyarakat yang berbelanja di Pasar Tanah Abang agar tetap menaati protokol kesehatan. Dia menyebut perputaran roda ekonomi di lokasi dan penerapan protokol kesehatan harus tetap berjalan seiringan.

"Kita tetap tekankan, kita imbau ke masyarakat yang belanja di sana untuk taat aturan protokol kesehatan. Jaga jarak, pakai masker, dan tidak berkerumun harus selalu diterapkan," imbau dia.

Baca Juga: Kebakaran di Tanah Abang, PD Pasar Jaya Sediakan Pasar Sementara

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya