Comscore Tracker

Cerita Jokowi Belikan Kado  Durian untuk Iriana, Tapi Rasanya Zonk! 

Jokowi minta petani produksi lebih bagus lagi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) memperhatikan kembali hasil panen bahan-bahan pokok, mulai dari beras hingga buah-buahan tropis. Menurut dia, apabila korporasi petani bekerja sama, maka bisa menghasilkan padi dan bibit yang bagus.

Hal itu disampaikan Jokowi lantaran dia pernah membelikan durian untuk sang istri, Iriana Jokowi, namun ternyata durian yang ia beli tak sesuai harapan. Durian tersebut ternyata jelek, tetapi harganya mahal.

1. Jokowi pernah beli durian mahal tetapi rasanya tidak enak

Cerita Jokowi Belikan Kado  Durian untuk Iriana, Tapi Rasanya Zonk! Presiden Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis 12 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menceritakan saat itu ia ingin membeli durian sebagai hadiah untuk Iriana. Namun, ternyata durian yang ia beli tak seenak yang diharapkan, padahal harganya cukup mahal.

"Saya pernah beli durian harganya mahal, barangnya saya lihat bagus, saya pakai untuk hadiah ulang tahun Bu Jokowi. Saya beli satu aja. Sampai rumah dibuka, gak enak, coba," ujar Jokowi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Kamis (12/3).

Baca Juga: Resep Membuat Pancake Durian yang Enak dan Lembut, Bikin Ngiler!

2. Jokowi sebut hasil durian di Indonesia tidak semua bagus

Cerita Jokowi Belikan Kado  Durian untuk Iriana, Tapi Rasanya Zonk! Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa 3 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menyebutkan permintaan impor durian dari Tiongkok ke Indonesia sangat besar. Tetapi, mantan Wali Kota Solo itu menyebut durian di Indonesia tak semuanya berkualitas bagus.

"Durian itu permintaan dari Tiongkok, bukan besar, besar sekali, tapi kita tidak bisa men-supply dengan kualitas yang diinginkan oleh mereka. Durian dari kita itu ada yang enak dan ada yang tidak enak, campur-campur," kata dia.

3. Jokowi meminta HKTI mengelola lahan yang luas dan menghasilkan durian yang berkualitas

Cerita Jokowi Belikan Kado  Durian untuk Iriana, Tapi Rasanya Zonk! Presiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Maret 2020 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi menyebutkan memang harus ada manajemen yang bagus untuk mengelola lahan yang luas, sehingga bisa menghasilkan durian yang berkualitas terbaik. Ia meminta HKTI mengurus masalah ini.

"Memang harus ada sebuah manajemen yang bagus dalam sebuah hektare yang luas, tapi barang yang dibuka dari kebun itu enak-enak semuanya. Karena ada manajemen pembibitan yang bagus, spesies yang memang betul, masa kita gak bisa, masak HKTI gak bisa? Saya yakin bisa," kata Jokowi.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN App, unduh di sini onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Di Bojonegoro, Beli Durian Bisa Dapat Bonus BH

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya