Demokrat Kubu KLB: Jokowi Didorong Moeldoko Lanjutkan Proyek Hambalang

Janji Jokowi lanjutkan proyek Hambalang sudah sejak 2016

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Partai Demokrat veris Kongres Luar Biasa (KLB) Muhammad Rahmad mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan melanjutkan kembali megaproyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional di Bukit Hambalang, Kabupaten Jawa Barat yang sudah bertahun-tahun mangkrak atau terbengkalai.

Wacana Jokowi ingin melanjutkan megaproyek era SBY itu memang sudah beredar sejak 2016. Namun, hingga kini hal itu belum juga terwujud.

Baca Juga: Demokrat Kubu AHY: Kubu KLB Konpers karena Frustasi dan Tutupi Malu

1. Demokrat versi KLB sebut Moeldoko yang mendorong Jokowi untuk lanjutkan proyek Hambalang

Demokrat Kubu KLB: Jokowi Didorong Moeldoko Lanjutkan Proyek HambalangKepala Staf Presiden, Moeldoko (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Menurut Rahmad, keinginan Jokowi untuk melanjutkan megaproyek Hambalang tersebut juga karena dorongan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko yang saat ini juga telah dipilih sebagai Ketua Umum Partai Demokrat versi KLB.

"Beberapa hari lalu Bapak Presiden Jokowi sudah mewacanakan untuk melanjutkan pembangunan Hambalang. Jadi Partai Demokrat, pimpinan Bapak Moeldoko, mendorong kepada Bapak Presiden untuk melanjutkan proyek Hambalang agar tidak terjadi candi-candi Hambalang di belakang-belakang kita ini," kata Rahmad dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Kompas TV, Kamis (25/3/2021).

2. Janji Jokowi teruskan megaproyek Hambalang sudah tercetus sejak 2016 lalu

Demokrat Kubu KLB: Jokowi Didorong Moeldoko Lanjutkan Proyek HambalangPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Pada 2016 lalu, Presiden Jokowi pernah berjanji akan melanjutkan megaproyek senilai Rp2,5 triliun di era Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono yang mangkrak itu. Sebelum melanjutkan proyek pembagunan Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olah Raga Nasional (P3SON) Hambalang, Bogor, Jawa Barat tersebut, Jokowi sempat meminta penjelasan audit yang telah dilakukan oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Ketua BPK dan BPKB tentu saja nanti bisa menyampaikan mengenai hasil audit yang lalu sperti apa. Sehingga apabila nanti memungkinkan kita teruskan itu," ujar Presiden Jokowi dalam rapat terbatas mengenai tindak lanjut P3SON, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (30/3/2016) lalu.

Baca Juga: Ini Alasan Partai Demokrat Kubu Moeldoko Gelar Konpers di Hambalang 

3. Menpora Zainudin sebut pemerintah akan kembali hidupkan Hambalang

Demokrat Kubu KLB: Jokowi Didorong Moeldoko Lanjutkan Proyek HambalangIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, wacana untuk melanjutkan kembali proyek Hambalang disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. Zainudin menyampaikan Hambalang akan disulap menjadi tempat para atlet senior dan berbakat. Rencana itu telah tercantum dalam agenda besar Desain Olahraga Nasional.

"Kita sedang mempertimbangkan untuk bisa melihat Hambalang menjadi tempat untuk sentra atlet senior dan atlet-atlet kita yang sudah siap untuk bisa bertanding," kata Zainudin dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (15/3/2021).

Diawal pembangunannya, megaproyek Hambalang digadang-gadang akan menjadi pusat pendidikan dan pelatihan olahraga yang bertaraf internasional. Sayang, skandal korupsi yang terjadi membuat megaproyek itu akhirnya mangkrak pada 2012.

Tentu saja kasus korupsi itu membuat proses pengerjaan terhenti dan banyak bangunan yang akhirnya terbengkalai karena tak terurus. Bahkan menurut hasil audit investigasi BPK pada 2012 hingga 2013, proyek tersebut membuat negara menderita kerugian sebesar Rp706 miliar.

Baca Juga: Alasan Kubu Moeldoko Belum Lapor Hasil KLB Demokrat ke Kemenkumham

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya