Dengar Polemik Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Megawati Tertawa

Mega: Saya khawatir sekarang ini orang asing belajar gamelan

Jakarta, IDN Times - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri ikut angkat bicara soal debat presiden yang diusulkan menggunakan Bahasa Inggris. Saat memberi sambutan di acara Atribusi Partai Galang Pemilih Muda Masa Depan Indonesia, Megawati menyelipkan sindiran tentang usulan tersebut. 

Dalam sindiran itu, Megawati juga mengambil contoh penyanyi asal Indonesia, Anggun C Sasmi. 

1. Megawati sebut tak ada yang istimewa dengan debat gunakan Bahasa Inggris

Dengar Polemik Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Megawati TertawaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Mendengar adanya usulan debat capres dan cawapres gunakan bahasa asing, Megawati mengaku sempat tertawa. Baginya, tidak ada yang istimewa dengan debat menggunakan bahasa asing.

"Saya pikir, bagaimana nih? Kemana bahasa kita? Memang kalah sudah bisa Bahasa Inggris itu istimewa? Tidak lah," kata Megawati di Kantor DPP PDIP, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/9).

Baca Juga: Debat Capres Pakai Bahasa Inggris, PDIP: Suruh Nyalon di Amerika!

2. Mega sanjung Anggun yang tak lupa Indonesia

Dengar Polemik Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Megawati TertawaInstagram/@anggun_cipta

Kemudian, Megawati memberikan contoh penyanyi Anggun C Sasmi yang dia nilai tak pernah melupakan Indonesia. Meski Anggun kini tinggal di Prancis dengan karier sudah mendunia.

"Anggun itu internasional. Gak menjadi sombong. Masih tetap Indonesia. Walaupun masih tinggal di Prancis, bisa Bahasa Prancis," sanjung Mega.

3. Mempelajari budaya luar boleh asal tidak lupa budaya sendiri

Dengar Polemik Debat Pilpres Pakai Bahasa Inggris, Megawati TertawaIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Walau demikian, Megawati tidak melarang apabila masyarakat ingin belajar budaya luar. Namun, ia tetap mengingatkan agar masyarakat Indonesia tidak lupa dengan budaya dan jati diri sendiri.

"Saya khawatir sekarang ini orang asing belajar gamelan, tarian Indonesia. Orang Indonesia belajar nari tapi tidak belajar budaya kita, kesenian kita. Lalu kita mau jadi apa? Saya sendiri tidak tahu. Suatu saat itu akan menjadi tanggung jawab anak muda itu sendiri," jelas Mega.

Baca Juga: Prabowo-Sandiaga Siap Debat Capres-Cawapres Pakai Bahasa Inggris

Topik:

  • Ita Lismawati F Malau

Berita Terkini Lainnya