Comscore Tracker

Di Tengah COVID-19, Jokowi Terima 245 Usulan Proyek Strategis Nasional

Jokowi meminta PSN yang bisa memulihkan ekonomi diutamakan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menerima usulan Proyek Strategis Nasional (PSN) yang baru. Ia menyebut, ada 245 usulan PSN yang disampaikan kepadanya. Jokowi pun meminta agar program-program yang diusulkan tersebut lebih dikaji lagi di lapangan.

Instruksi itu disampaikan Jokowi saat memberikan arahan dalam rapat terbatas mengenai evaluasi PSN untuk pemulihan ekonomi nasional dampak COVID-19, yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (29/5).

Baca Juga: Jokowi Minta Proyek Strategis untuk Pemulihan Ekonomi Dipercepat

1. Jokowi ingin 245 usulan dikaji betul di lapangan

Di Tengah COVID-19, Jokowi Terima 245 Usulan Proyek Strategis NasionalDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menyampaikan agar 245 usulan PSN itu betul-betul dicek di lapangan, dihitung hingga dikalkulasikan dengan rinci. Ia meminta jajarannya mengkaji lebih jauh sehingga bisa memilah mana yang prioritas dan bukan.

"Mana yang direkomendasi, dan mana yang tidak direkomendasi, prioritas penambahan proyek yang memiliki daya ungkit besar pada pemulihan ekonomi pasca-pandemik, saya kira sangat penting untuk kita dahulukan," ujarnya.

2. Pembebasan lahan menjadi hambatan besar Program Strategis Nasional

Di Tengah COVID-19, Jokowi Terima 245 Usulan Proyek Strategis NasionalDok. Biro Pers Kepresidenan

Selain itu, Jokowi juga meminta semua hambatan diselesaikan dengan cepat. Pria kelahiran Solo itu menyebut, pembebasan lahan masih menjadi salah satu hambatan yang besar.
 
"Selesaikan secepat-cepatnya berbagai hambatan, sumbatan bagi pelaksanaan PSN di lapangan. Saya menerima laporan bahwa hambatan yang paling besar masih pada urusan pembebasan lahan," kata Jokowi.

3. Jokowi minta PSN yang bisa memulihkan ekonomi diutamakan

Di Tengah COVID-19, Jokowi Terima 245 Usulan Proyek Strategis NasionalDok. Biro Pers Kepresidenan

Tak hanya itu saja, Jokowi memerintahkan agar agenda-agenda strategis yang bisa memulihkan perekonomian di tengah pandemik virus corona atau COVID-19 diutamakan. Sebab, perekonomian Indonesia sangat terdampak oleh wabah virus corona.

"Proyek Strategis Nasional yang sedang berjalan, saya minta percepatan pelaksanaan PSN yang berdampak langsung bagi penguatan ekonomi rakyat, yang berdampak langsung pada pemulihan ekonomi nasional," perintahnya.

Jokowi menyampaikan, ada beberapa PSN yang penting bagi pemerataan dan penguatan ekonomi rakyat. Mulai dari program sertifikasi tanah untuk rakyat, legalisasi lahan transmigrasi, reforma agraria perhutanan sosial, serta peremajaan perkebunan rakyat.

"Saya ingin memastikan bahwa program-program prioritas ini tetap berjalan, tetapi tetap mengikuti protokol kesehatan secara ketat," instruksi Jokowi.

Baca Juga: Tenaga Medis di Makassar Belum Terima Insentif yang Dijanjikan Jokowi

Topic:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya