Dikabarkan Mengundurkan Diri dari Gubernur, Ini Jawaban Anies Baswedan

Nama Anies masuk dalam bursa capres dan cawapres

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah menandatangani peraturan tentang pengunduran diri gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota atau wakil walikota yang akan mencalonkan diri di Pilpres 2019. Aturan yang tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2018 itu juga memuat tentang permintaan izin dalam pencalonan presiden dan wakil presiden.

Pasal 29 ayat (1) PP Nomor 32 Tahun 2018 berbunyi "Gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, walikota atau wakil walikota yang akan dicalonkan oleh partai politik peserta pemilu sebagai calon presiden atau calon wakil presiden harus meminta izin kepada presiden".

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang digadang-gadang akan menjadi salah satu kandidat capres atau cawapres di Pilpres 2019 dikabarkan telah memberikan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. Menanggapi kabar tersebut, Anies pun membantah keras.

1. Anies membantah telah ajukan surat pengunduran diri

Dikabarkan Mengundurkan Diri dari Gubernur, Ini Jawaban Anies BaswedanIDN Times/Gregorius Aryodamar P

Seusai memberi sambutan dalam Peresmian Sekretariat Roemah Djoeang relawan Gerindra, Anies menyampaikan bahwa ia tidak pernah mengajukan surat pengunduran diri kepada Presiden Jokowi. Hal itu ia sampaikan karena memang belum ada partai politik yang mencalonkan dirinya sebagai capres.

"Kenapa mengajukan, kalau belum ada apa-apa. Ngajuin malah jadi lucu," kata Anies di Jalan Wijaya I, Jakarta Selatan, Minggu (29/7).

Baca Juga: Video: Detik-Detik Gempa Menggoyang Gunung Rinjani

2. Urusan capres cawapres, Anies serahkan pada parpol

Dikabarkan Mengundurkan Diri dari Gubernur, Ini Jawaban Anies BaswedanANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Menurutnya, terkait dengan pemilihan capres dan cawapres, ia serahkan sepenuhnya kepada partai politik. Dan ia tidak ingin mencampuri hal itu. "Biar partai-partai itu membicarakan, kita lihat nanti hasilnya," jelas dia.

3. Anies tak merasa namanya menguat di bursa capres cawapres

Dikabarkan Mengundurkan Diri dari Gubernur, Ini Jawaban Anies BaswedanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Saat disebut namanya cukup menguat sebagai kandidat capres dan cawapres, Anies membantah hal itu. Ia merasa jika namanya sendiri tidak menguat dalam bursa.

"Yang bilang menguat siapa? Itu semua wilayahnya partai politik," ujar Anies.

Baca Juga: Tinjau Lokasi Gempa, Presiden Jokowi Ajak TGB Naik Helikopter

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya