Gaya Kampanye Door to Door Diikuti Kubu Prabowo, Jokowi: Gak Apa-apa

Jokowi selalu ingatkan pendukungnya kampanye door to door

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01 Joko "Jokowi" Widodo, selalu mengingatkan para pendukung dan relawannya, untuk menerapkan gaya door to door dalam berkampanye. Menurut Jokowi, cara tersebut paling ampuh untuk menggaet hati rakyat.

Namun, baru-baru ini beredar video relawan 'emak-emak' dari kubu pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, yang justru menerapkan gaya door to door dalam menyosialisasikan pasangan tersebut.

Melihat gaya kampanyenya diikuti kubu lawan, bagaimana tanggapan kubu Jokowi?

Baca Juga: Surya Paloh Klaim Soekarwo Target Jokowi Menang 70 Persen di Jatim 

1. Jokowi tak masalah gaya berkampanyenya diikuti kubu lawan

Gaya Kampanye Door to Door Diikuti Kubu Prabowo, Jokowi: Gak Apa-apaANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Jokowi mengaku tak mempermasalahkan jika gaya kampanyenya sudah mulai diikuti oleh kubu lawan. Hal itu ia sampaikan usai menghadiri acara konsolidasi caleg DPR RI dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

"Ya gak apa-apa dijiplak," kata Jokowi sambil tertawa di Balai Sarbini, Jakarta Selatan, Senin (17/12).

2. Jokowi sebut semakin dekat dengan rakyat semakin baik

Dalam setiap pidatonya di hadapan para relawan dan pendukung, Jokowi selalu mengingatkan agar pendukung dan relawannya menggunakan gaya door to door untuk mendekati rakyat. Cara tersebut dikatakannya lebih ampuh agar visi misi dan program bisa tersampaikan lebih jelas.

"Intinya semakin dekat dengan rakyat, semakin baik mendengar rakyat menyampaikan program telah kita kerjakan," ujar Jokowi.

3. Viral video relawan Prabowo-Sandiaga kampanye dengan gaya door to door

Gaya Kampanye Door to Door Diikuti Kubu Prabowo, Jokowi: Gak Apa-apa(Potongan video yang menunjukkan emak-emak sosialisasikan Prabowo-Sandi) www.twitter.com

Sebelumnya sebuah video yang beredar memperlihatkan tiga relawan 'emak-emak' dari pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga, tengah melakukan aksi door to door untuk menyosialisasikan Prabowo-Sandi ke rumah-rumah warga.

Aksi tersebut terekam dalam sebuah video berdurasi sekitar dua menit. Dalam video tersebut, terlihat tiga orang ibu-ibu mengunjungi sebuah rumah sambil menyosialisasikan agar sang penghuni rumah memilih pasangan nomor urut 02 pada Pilpres 2019 April mendatang.

Terlihat tiga orang ibu-ibu membawa bingkisan di masing-masing tangan mereka. Salah seorang ibu mulai menggedor pintu dan mengatakan kalau mereka akan menyosialisasikan Prabowo-Sandiaga.

"Assalammualaikum, Bu, kita mau sosialisasi Prabowo-Sandi," kata seorang ibu berbaju kuning keemasan.

"Ibu kira-kira memilih siapa nanti?" tanyanya kemudian.

"Belum ada," jawab sang penghuni rumah.

Lalu, si ibu berbaju kuning memberikan sesuatu kepada penghuni rumah.

"Jadi kami dari (tim) Prabowo-Sandi, Bu. Sekalian kami mau sosialisi demam berdarah. Jadi nanti ibu pilih Prabowo-Sandi ya," lanjutnya mempromosikan Prabowo-Sandi.

Selanjutnya, ketiga ibu tadi menemui warga lainnya dan menyosialisasikan Prabowo-Sandi dengan memberikan obat nyamuk, sekaligus stiker bergambar pasangan Prabowo-Sandi. 

4. Dahnil sebut gerakan itu murni dari relawan

Gaya Kampanye Door to Door Diikuti Kubu Prabowo, Jokowi: Gak Apa-apa(Koordinator juru bicara Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandiaga, Dahnil Anzar) ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso

Koordinator Juru Bicara pasangan Prabowo-Sandi, Dahnil Anzar Simanjuntak mengonfirmasi video itu memang benar adanya. Ia menyebut, itu murni gerakan dari relawan yang ada di akar rumput dan tanpa dikoordinir. Menurutnya, banyak juga laporan yang mengatakan pergerakan relawan seperti itu.

"Berbagai kelompok bergerak memobilisasi diri tanpa komando dari BPN (Badan Pemenangan Nasional), namun terpanggil terlibat untuk memastikan kepemimpinan negeri berubah pada 2019 nanti. Bagi kami, ini adalah gelombang kesadaran kolektif yang dari waktu ke waktu akan semakin membesar," kata Dahnil saat dihubungi IDN Times, Minggu (16/12).

5. Kubu Prabowo-Sandiaga mencoba serangan darat dengan door to door

Gaya Kampanye Door to Door Diikuti Kubu Prabowo, Jokowi: Gak Apa-apaIDN Times/Irfan Fathurohman

Menanggapi video yang beredar tersebut, Koordinator Nasional Sahabat Prabowo-Sandiaga, Anggawira, mengatakan memang kelemahan dari kubu Prabowo adalah meminta langsung dukungan terhadap rakyat. Sehingga, ke depannya, kubu Prabowo akan lebih fokus membangun jejaring untuk menarik dukungan masyarakat.

"Jejaring yang ada itu bisa relawan, bisa partai politik, bisa juga jejaring simpatisan yang ada. Dan memang kita sudah mulai start di pertengahan Desember ini, (hingga) bulan April," kata Angga di daerah Meruya, Jakarta Barat, Minggu (16/12).

Angga melanjutkan, selama ini juga banyak inisiatif-inisiatif yang dilakukan oleh relawan dalam menggaet dukungan untuk Prabowo-Sandiaga. Ia menambahkan, para pendukung dan relawan sudah diberikan pemetaan dan sosialisasi yang menyasar langsung kepada masyarakat.

Baca Juga: Viral Video Relawan Promosikan Prabowo-Sandi ke Rumah, Ini Kata BPN

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya