Hadir di KTT, Jokowi Minta ASEAN dan Selandia Baru Perkuat Kemitraan  

Jokowi sebut, integrasi ekonomi harus saling menguntungkan

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN-Selandia Baru yang digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Sabtu (14/11/2020). Di dalam pidatonya, Jokowi mendorong penguatan kemitraan ASEAN-Selandia Baru dalam beberapa isu.

"Hari ini ASEAN–Selandia Baru merayakan 45 tahun kemitraannya. Ke depan, saya ingin kemitraan kita dapat diperkuat terutama di beberapa isu," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Hadiri KTT ke-37 ASEAN, Ini 5 Kesepakatan yang Akan Dihasilkan 

1. ASEAN harus perkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan

Hadir di KTT, Jokowi Minta ASEAN dan Selandia Baru Perkuat Kemitraan  Presiden Jokowi beri sambutan di acara Pembukaan Inovasi Indonesia Expo 2020 pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, hubungan Selandia Baru dengan negara-negara Pasifik Selatan cukup kuat. Untuk itu, kata dia, Indonesia dan ASEAN juga ingin memperkuat kemitraan dengan negara-negara Pasifik Selatan.

"Hubungan baik kita dapat kita gunakan untuk perkuat kemitraan dengan Pasifik Selatan termasuk di bidang perikanan dan perubahan iklim. ASEAN Outlook on the Indo-Pacific tentunya dapat dijadikan pijakan bagi pengembangan kerja sama dengan Pasifik Selatan," ucapnya.

2. Kerja sama multilateralisme penting dilakukan bersama-sama

Hadir di KTT, Jokowi Minta ASEAN dan Selandia Baru Perkuat Kemitraan  Presiden Jokowi hadir di KTT ke-37 ASEAN secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Wali Kota Solo itu menilai, kerja sama multilateralisme antara ASEAN dan Selandia Baru harus diperkuat. Upaya penguatan multilateralisme itu penting sekali untuk dilakukan bersama-sama.

"Kita harus pastikan, multilateralism delivers for all," tutur Jokowi.

3. Integrasi ekonomi harus saling menguntungkan antara ASEAN dan Selandia Baru

Hadir di KTT, Jokowi Minta ASEAN dan Selandia Baru Perkuat Kemitraan  Presiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan perlunya memperkuat integrasi ekonomi kawasan yang saling menguntungkan antara ASEAN dan Selandia Baru. Oleh karena itu, Indonesia menyambut baik keputusan Selandia Baru untuk menandatangani Regional Comprehensive Economic Partnership (RCEP).

Di awal sambutannya, Presiden Jokowi juga sempat mengucapkan selamat atas terpilihnya kembali Jacinda Ardern sebagai Perdana Menteri (PM) Selandia Baru.

"Saya ingin mulai dengan menyampaikan ucapan selamat atas mandat baru PM Jacinda sebagai PM Selandia Baru," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Bicara Kerja Sama ASEAN dengan 4 Negara Ini di KTT

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya