Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja Katedral

Toleransi antar umat beragama begitu terasa, adem yah

Jakarta, IDN Times - Atmosfer kerukunan antar umat beragama begitu terasa dalam perayaan natal di Gereja Katedral, Sabtu (25/12/2021). Saat jemaat butuh lahan parkir buat beribadah di Gereja Katedral, pengurus Masjid Istiqlal membuka pintu untuk mereka. 

Humas Gereja Katedral, Susyana Suwadie, menyampaikan pihak Istiqlal mengizinkan agar para jemaat menggunakan lahan parkirnya. Dia melayangkan rasa terima kasih kepada Imam Besar Istiqlal dan pengurus yang membantu menyediakan lahan parkir.

"Itu mendukung tema tahun ini di mana persaudaraan semakin erat, yang terjalin antara kami," kata Susyana di Gereja Katedral, Sabtu (25/12/2021).

Baca Juga: Natal Hybrid di Katedral, Batasi Jemaat Sampai 650 Orang

1. Katedral jamin terapkan protokol kesehatan secara ketat

Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja KatedralSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Susyana juga menjamin penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat selama pelaksanaan Misa Natal. Dia menuturkan pelaksanaan Misa Natal tahun ini dilakukan secara hybrid dengan tema Cinta Kasih Kristus Menggerakkan Persaudaraan.

"Pada hari ini, di hari Natal, Gereja Katedral Jakarta akan menyelenggarakan tiga kali Misa. Misa hanya satu kali online. Lalu, dua lainnya adalah Misa hybrid (online dan offline)," ujar Susyana.

2. Protokol kesehatan jadi komitmen Keuskupan Agung Jakarta

Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja KatedralSuasana Natal di Gereja Katedral (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Susyana menyampaikan panitia juga memperketat penerapan protokol kesehatan selama Misa tatap muka dilakukan. Menurutnya, disiplin protokol kesehatan adalah komitmen dari Keuskupan Agung Jakarta.

"Untuk itu, kami tetap melaksanakan seperti awal pandemik COVID-19, semua harus melakukan pendaftaran melalui situs Bela Rasa. Kami juga tidak melintas Paroki. Jadi, semua harus masing-masing umat yang ada di Paroki itu," ucapnya.

3. Harapan Jokowi di tengah Natal tahun ini

Istiqlal Sediakan Lahan Parkir untuk Jemaat Gereja KatedralPresiden Joko Widodo memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Presiden Joko "Jokowi" Widodo tak lupa  mengucapkan Selamat Natal kepada masyarakat yang merayakan. Dia mengatakan selama dua tahun ini perayaan Natal dirayakan di tengah keterbatasan karena pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia.

"Hampir dua tahun pandemik membekap kehidupan kita. Dua tahun pula saudara-saudaraku, umat Kristiani, melalui hari Natal dalam keterbatasan itu," tulis Jokowi dalam akun Instagramnya, @jokowi, Sabtu (25/12/2021).

Selain itu, Jokowi berharap agar masyarakat tetap mendapatkan kebahagiaan mesti Indonesia masih dilanda pandemik virus corona.

"Saya berharap pandemik tidak mengurangi kegembiraan dan keceriaan anda semua merayakan Natal bersama orang-orang tersayang," tuturnya.

Baca Juga: Potret Natal di Gereja Katedral, Ada Kereta Santa

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya