Jika Kasus Capai 40 Ribu, Luhut Bakal Minta Bantuan Tiongkok-Singapura

Pemerintah jalin komunikasi terkait penanganan pandemik

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan kasus harian COVID-19 di Indonesia bisa saja mencapai 40 ribu dalam sehari. Oleh karena itu, pemerintah telah menyiapkan skenario terburuk.

“Ini angka ini bisa akan terkait seperti hari kemarin 29 ribu, bisa saja mungkin nanti kita sampai ke 40 ribu atau pun lebih,” ujar Luhut dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (6/7/2021).

1. Pemerintah telah berkomunikasi dengan Tiongkok dan Singapura

Jika Kasus Capai 40 Ribu, Luhut Bakal Minta Bantuan Tiongkok-SingapuraMenko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (ANTARA/HO-Kemenko Kemaritiman dan Investasi)

Pria yang juga menjabat Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) ini mengatakan pemerintah telah berkomunikasi terkait bantuan dengan negara lain jika kasus harian COVID-19 mencapai 40 ribu. Di antaranya dengan Tiongkok dan Singapura.

“Jadi, baik mengenai obat, mengenai oksigen, maupun tadi, rumah sakit. Kalau ada yang bilang tadi perlu bantuan dari luar, kita juga sudah komunikasi dengan Singapura, kita komunikasi juga dengan Tiongkok dan komunikasi juga dan sumber-sumber lain,” ucap Luhut.

Baca Juga: Luhut: Masyarakat Bisa Lapor Jika Masih Disuruh WFO

2. Luhut yakin Indonesia bisa mengatasi pandemik

Jika Kasus Capai 40 Ribu, Luhut Bakal Minta Bantuan Tiongkok-SingapuraPetugas kesehatan memakai Alat Pelindung Diri (APD) memeriksa tempat tidur pasien COVID-19 di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/6/2021) (ANTARA FOTO/Arif Firmansyah)

Meski begitu, Luhut menyakini Indonesia akan mampu mengatasi pandemik COVID-19. Pemerintah telah mengerahkan segala kekuatan untuk melakukan penanganan.

Sehingga, ia meminta tidak ada lagi yang meremehkan Indonesia dalam penanganan pandemik COVID-19.

“Jadi jangan ada yang menganggap underestimate bahwa Indonesia ini tidak bisa mengatasi,” tegas Luhut.

3. Berharap kondisi Indonesia tidak memburuk

Jika Kasus Capai 40 Ribu, Luhut Bakal Minta Bantuan Tiongkok-SingapuraSejumlah tenaga kesehatan merawat pasien positif COVID-19 di Rumah Sakit Darurat COVID-19 (RSDC), Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Rabu (5/5/2021). ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat.

Ia mengungkapkan, untuk ketersediaan tabung oksigen yang saat ini sulit dicari juga telah diperhitungkan pemerintah. Luhut berharap, skenario terburuk tidak digunakan dan kasus COVID-19 tidak semakin buruk.

“Kita sudah bikin (skenario) sampai 60 ribu-70 ribu kasus per hari. Tetapi kita tidak berharap itu terjadi, karena teman-teman polisi-TNI saya kira sudah melakukan penyekatan yang cukup baik,” tuturnya.

Baca Juga: [UPDATE] Kasus Harian COVID-19 RI Jadi yang Tertinggi Kedua di Dunia

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya