Jokowi akan Beri Insentif pada Tenaga Medis yang Rawat Pasien COVID-19

Jokowi juga ingin tenaga medis dilindungi

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" akan memberikan insentif kepada para tenaga medis, seperti perawat dan dokter yang menangani pasien terinfeksi virus corona atau COVID-19. Ia juga sudah meminta Menteri Keuangan Sri Mulyani untuk menyiapkannya.

Hal tersebut disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas secara online bersama Tim Gugus Tugas COVID-19, melalui siaran langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, pada Kamis (19/3).

1. Jokowi minta Sri Mulyani siapkan insentif bagi tenaga medis

Jokowi akan Beri Insentif pada Tenaga Medis yang Rawat Pasien COVID-19Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Jokowi pun meminta Sri Mulyani untuk memberikan insentif bagi tenaga medis yang merawat pasien virus corona. Namun, ia tidak memberitahu detail insentif apa yang disiapkan.

"Ini juga pemberian insentif bagi para dokter, perawat, dan jajaran rumah sakit yang bergerak dalam penanganan COVID-19," tutur Jokowi.

Baca Juga: Indonesia Darurat COVID-19, Jokowi Minta Ekspor Masker Dihentikan

2. Jokowi ingin persediaan ADP para tenaga medis tercukupi

Jokowi akan Beri Insentif pada Tenaga Medis yang Rawat Pasien COVID-19Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) memimpin rapat terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (9/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selain pemberian insentif, Jokowi juga ingin adanya perlindunga maksimal bagi tenaga medis. Jokowi meminta menterinya agar mengecek persediaan alat perlindungan diri (APD) para tenaga medis.

"Saya ingin perlindungan maksimal pada para dokter, tenaga medis, dan jajaran di rumah sakit yang layani pasien yang terinfeksi COVID-19, pastikan ketersediaan APD karena mereka berada di garis terdepan sehingga tak terpapar," ucapnya.

3. Jokowi minta agar alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer cukup

Jokowi akan Beri Insentif pada Tenaga Medis yang Rawat Pasien COVID-19Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Kepada menterinya, Jokowi meminta agar kebutuhan alat kesehatan terpenuhi, seperti masker dan hand sanitizer. Tak hanya itu, Jokowi juga memerintahkan agar ekspor masker dihentikan.

"Saya minta kebutuhan alat kesehatan seperti masker dan hand sanitizer dipastikan tersedia, kita untuk ekspor masker dan alat kesehatan yang diperlukan lebih baik disetop dan dipastikan stok dalam negeri cukup," ujar Jokowi.

Baca Juga: Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat Diperbanyak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya