Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat Diperbanyak

Agar pemerintah bisa cepat mendeteksi positif virus corona

Jakarta, IDN Times - Pemerintah akan menerapkan rapid test untuk penanganan virus corona atau COVID-19. Metode rapid test sendiri akan menggunakan spesimen tes darah, bukan lagi spesimen kerongkongan.

Oleh karena itu, Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta agar alat untuk rapid test diperbanyak. Hal itu disampaikan Jokowi dalam rapat terbatas secara online bersama Tim Gugus Tugas COVID-19, pada Kamis (19/3).

1. Jokowi ingin alat rapid test dan tempat tes diperbanyak

Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat DiperbanyakPresiden Joko Widodo memimpin rapat terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (26/2/2020) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Jokowi menuturkan, rapid test digunakan agar pemerintah bisa mendeteksi lebih awal orang yang terinfeksi virus corona atau COVID-19. Selain minta alat diperbanyak, Jokowi juga menginginkan agar tempat untuk melakukan tes turut diperbanyak.

"Saya minta alat diperbanyak dan diperbanyak tempat-tempat untuk melakukan tes dan melibatkan rumah sakit, baik pemerintah, BUMN, Pemda, RS TNI Polri, dan swasta, dan lembaga riset yang dapatkan rekomendasi Kemenkes," kata Jokowi.

Baca Juga: Istana Bantah Presiden Jokowi Keluarkan Kebijakan Lockdown Parsial

2. Jokowi perintahkan agar protokol kesehatan harus jelas

Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat DiperbanyakPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Tak hanya itu saja, Jokowi juga memerintahkan agar alur protokol kesehatan lebih diperjelas, dan mudah dipahami. Nantinya, kata Jokowi, masyarakat harus tahu apa yang dilakukan jika diminta untuk isolasi diri.

"Ini penting, terkait hasil rapid test, apakah dengan karantina mandiri atau memerlukan layanan RS. Protokol kesehatan yang jelas," ujar Jokowi.

3. Jokowi minta rumah sakit siap dengan keadaan darurat

Gunakan Rapid Test untuk COVID-19, Jokowi: Saya Minta Alat DiperbanyakPresiden Joko Widodo (kiri) berbincang dengan Wakil Presiden Ma'ruf Amin sebelum memimpin rapat kabinet terbatas (ratas) di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (28/2/2020). (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Selanjutnya, Jokowi mengingatkan agar rumah sakit rujukan sudah menyiapkan rencana layanan apabila ada kondisi darurat. "Siapkan kontijensi plan layanan RS, baik RS rujukan, atau mobilisasi RS lain, baik BUMN TNI Polri atau RS, atau RS darurat apabila diperlukan," kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Kebijakan Bekerja dari Rumah Bukan untuk Berlibur    

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya