Jokowi Akan Pimpin Upacara Pemakaman Habibie Besok

BJ Habibie akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata

Jakarta, IDN Times - Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan memimpin langsung prosesi upacara pemakaman Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie (BJ Habibie) di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata.

"Semua sudah siap. Insha Allah besok upacara dipimpin Bapak Presiden," kata Pratikno di Kantor Kementerian Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Rabu (11/9).

Pratikno menyampaikan, untuk pemakaman Habibie sendiri, besok telah disediakan tempat khusus di samping istri Habibie yaitu Ainun Habibie.

"Besok sudah disiapkan pemakaman di sebelahnya almarhumah Ibu Ainun Habibie, jadi seingat sektor 120-121. Jadi semuanya sudah siap," jelasnya.

Pratikno pun mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, serta kantor pemerintahan di dalam negeri dan luar negeri, untuk mengibarkan bendera setengah tiang karena rasa duka kehilangan salah satu sosok pemimpin negara.

"Kami ajak masyarakat untuk mengibarkan bendera setengah siang sampai tanggal 14 September 2019. Kita akan menetapkan berkabung nasional sampai 3 tiga hari," ucap Pratikno.

Selain mengajak untuk mengibarkan bendera setengah tiang, Pratikno juga mengajak agar masyarakat Indonesia mendoakan Habibie yang telah meninggalkan dunia ini.

"Jadi sekali lagi doa untuk almarhum. Semoga prosesi semua berjalan lancar," ujar dia.

Baca Juga: [BREAKING] Istana: Habibie Akan Dimakamkan di Samping Makam Ainun

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya