Comscore Tracker

Jokowi Apresiasi Fatwa dan Imbauan Ormas Islam Soal Ibadah di Rumah

Jokowi berterima kasih pada MUI, NU dan Muhammadiyah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengapresiasi fatwa organisasi Islam untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat beribadah di rumah. Jokowi pun mengucapkan terima kasih lantaran mereka sudah membantu pemerintah dalam penanganan COVID-19.

"Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada MUI, pengurus besar Nahdlatul Ulama, kepada PP Muhammadiyah dan semua ormas Islam lainnya yang telah mendukung dan membantu pemerintah dalam upaya pencegahan dan pengendalian penyebaran COVID," kata Jokowi dalam rapat terbatas yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (19/5).

1. Jokowi apresiasi imbauan ormas Islam agar masyarakat beribadah di rumah

Jokowi Apresiasi Fatwa dan Imbauan Ormas Islam Soal Ibadah di RumahDok. Biro Pers Kepresidenan

Tak hanya itu, Jokowi juga mengapresiasi fatwa dan imbauan yang disampaikan para organisasi Islam tersebut. Terutama terkait peribadatan dan larangan mudik.

"Saya sangat menghormati dan mengapresiasi adanya fatwa dan juga imbauan yang disampaikan kepada seluruh umat Islam di Indonesia terkait dengan peribadatan maupun amaliyah selama wabah COVID ini, termasuk pendukung keputusan pemerintah untuk melarang mudik," jelas Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: yang Dilarang Itu Mudiknya Bukan Transportasinya! 

2. Jokowi sebut pemerintah terbantu dengan aksi solidaritas yang digagas ormas Islam

Jokowi Apresiasi Fatwa dan Imbauan Ormas Islam Soal Ibadah di RumahTanggapan Presiden Joko "Jokowi" Widodo Terkait Bantuan Sosial Pada Masa Pandemi, Istana Bogor, 16 Mei 2020 (YouTube.com/Sekretariat Presiden)

Lebih lanjut, pria kelahiran Solo itu menuturkan pemerintah juga sangat terbantu dengan adanya aksi solidaritas dan kepedulian sosial yang dilakukan oleh ormas-ormas Islam tersebut. Menurutnya, hal itu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terdampak COVID-19.

"Kepedulian sosial yang muncul dari ormas-ormas Islam dan inisiatif yang muncul dari masing-masing umat termasuk pemanfaatan zakat pemanfaatan infaq, pemanfaatan sodaqoh untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena dampak dari COVID," ucap Jokowi.

3. Jokowi harap aksi solidaritas bisa terus berlanjut dan semakin luas

Jokowi Apresiasi Fatwa dan Imbauan Ormas Islam Soal Ibadah di RumahDok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi pun berharap agar aksi solidaritas ini bisa terus berlanjut. Bahkan, bisa meluas lagi.

"Kita harapkan aksi solidaritas ini bisa terus berlanjut, bisa meluas lebih besar sehingga menjadi sebuah gerakan besar dalam rangka meringankan beban saudara-saudara kita yang membutuhkan," ungkapnya.

Baca Juga: MUI: Tunaikan Zakat Fitrah Bisa Tanpa Menunggu Malam Idulfitri

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya