Comscore Tracker

Jokowi: Bagi yang Bisa Kerja dari Rumah, Lakukan!

Jokowi minta masyarakat kurangi aktivitas di tempat ramai

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo meminta masyarakat yang bisa bekerja dari rumah agar melakukan, untuk mencegah peningkatan kasus varian COVID-19 Omicron. Ia juga minta masyarakat tak melakukan perjalanan ke luar negeri jika tidak penting.

"Untuk mereka yang bisa bekerja dari rumah work from home (WFH) lakukanlah kerja dari rumah. Saya juga meminta untuk tidak bepergian ke luar negeri jika tidak ada urusan yang penting dan mendesak," kata Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (18/1/2022).

Baca Juga: Studi di Israel Sebut Vaksin Booster ke-4 Belum Efektif Lawan Omicron

1. Jokowi ingin masyarakat kurangi aktivitas di pusat-pusat keramaian

Jokowi: Bagi yang Bisa Kerja dari Rumah, Lakukan!Warga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga meminta agar masyarakat mengurangi aktivitas di pusat-pusat keramaian.

"Jika bapak, ibu, dan saudara-saudara sekalian tidak memiliki keperluan mendesak sebaiknya mengurangi kegiatan di pusat-pusat keramaian," ucap Jokowi.

2. Jokowi berharap masyarakat tidak bereaksi berlebihan pada kenaikan kasus

Jokowi: Bagi yang Bisa Kerja dari Rumah, Lakukan!Presiden Joko Widodo bersiap memberikan keterangan pers terkait COVID-19 di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin (16/3/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Meski kasus varian COVID-19 Omicron tengah mengalami tren kenaikan, Jokowi mengimbau masyarakat tidak panik dan tetap waspada. Dia menuturkan kenaikan kasus yang terjadi di Indonesia saat ini memang disebabkan Omicron.

"Oleh sebab itu, kita semua harus mewaspadai tren ini, namun tidak perlu bereaksi berlebihan. Berhati-hati perlu waspada perlu, tapi jangan menimbulkan ketakutan dan kepanikan," kata dia.

Baca Juga: [LINIMASA-9] Perkembangan Terkini Pandemik COVID-19 di Indonesia

3. Jokowi ingatkan masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan

Jokowi: Bagi yang Bisa Kerja dari Rumah, Lakukan!Pernyataan Presiden RI Joko (Jokowi) Widodo terkait Pasokan Batu Bara, LNG, dan Harga Minyak Goreng (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Selain itu, Jokowi kembali mengingatkan masyarakat agar tetap disiplin protokol kesehatan. Dia ingin masyarakat tetap melaksanakan 5M yakni memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

"Saya tidak akan pernah bosan untuk terus meningkatkan selalu gunakan masker, menjaga jarak, dan jangan lupa mencuci tangan. Intinya ikuti protokol kesehatan dengan disiplin," tutur Jokowi.

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya