Jokowi: Batik Jadi Gaya Hidup Rakyat Indonesia yang Mendunia

Jokowi sebut batik sudah diakui PBB sejak 12 tahun lalu

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan batik telah menjadi gaya hidup masyarakat di Indonesia. Bahkan, gaya hidup menggunakan batik itu disebutnya telah mendunia.

“Kini, batik telah menjadi bagian dari gaya hidup Indonesia yang mendunia. Saya bangga mengenakan batik di setiap kesempatan,” tulis Jokowi di akun Instagram-nya, @jokowi, Sabtu (2/10/2021).

1. Batik telah diakui PBB sebagai warisan dunia sejak 12 tahun lalu

Jokowi: Batik Jadi Gaya Hidup Rakyat Indonesia yang Mendunia(Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Orang nomor satu di Indonesia itu menyebut batik telah diakui Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai warisan dunia 12 tahun yang lalu. Namun, kata dia, jauh sebelumnya batik telah menjadi bagian dari kebudayaan Tanah Air.

“Jauh sebelumnya, batik telah menjadi bagian dari kebudayaan Indonesia,” ucap dia.

Baca Juga: Kisah Go Tik Swan, Diminta Presiden Sukarno Ciptakan Batik Indonesia

2. Jokowi sebut batik selalu hadir di setiap kehidupan masyarakat Indonesia

Jokowi: Batik Jadi Gaya Hidup Rakyat Indonesia yang MenduniaPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Peresmian Pembukaan Rapat Koordinasi Nasional Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Tahun 2020 (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, mantan Wali Kota Solo ini mengatakan batik dengan segala coraknya telah mewarnai kehidupan masyarakat Indonesia. Mulai dari pakaian hingga kain untuk menggendong bayi.

“Batik dengan segala corak, simbol, dan filosofinya, telah hadir dalam setiap tahap kehidupan manusia Indonesia, dari gendongan bayi, pakaian anak-anak, sampai busana orang dewasa,” ujar Jokowi.

3. Indonesia memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober

Jokowi: Batik Jadi Gaya Hidup Rakyat Indonesia yang Mendunia

Hari ini, tepatnya 2 Oktober 2020, Indonesia memperingati Hari Batik Nasional. Masyarakat merayakannya dengan menggunakan batik. 

Batik di Tanah Air memiliki jenis dan motif yang beraneka ragam, tergantung suku dan budaya. Penggunaan batik sudah dikenal bahkan sejak zaman Kerajaan Majapahit. Secara turun-temurun, pembuatan dan penggunaannya tetap lestari hingga kini.

Dalam memperingati Hari Batik, Jokowi mengunggah sebuah video singkat berdurasi 14 detik di akun Instagram-nya yang memperlihatkan potret animasi ia tengah melihat pembuatan batik.

Baca Juga: 2 Oktober Hari Batik Nasional, Ini Sejarahnya di Tanah Air

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya