Jokowi dan Ma'ruf Rapat Internal Siang Ini, Bahas Reshuffle Kabinet? 

Rapat internal digelar pukul 10.00-13.30 WIB

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menggelar rapat internal bersama Wakil Preside Ma'ruf Amin, Senin (21/12/2020). Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi, mengonfirmasi rapat internal keduanya tersebut.

"Iya, kabarnya begitu," kata Masduki saat dihubungi IDN Times, Senin (21/12/2020).

Baca Juga: Ada Isu 18 Menteri Kena Reshuffle, Istana Beri Respons Apa?

1. Rapat internal membahas isu strategis, salah satunya soal reshuffle

Jokowi dan Ma'ruf Rapat Internal Siang Ini, Bahas Reshuffle Kabinet? Presiden Joko Widodo didampingi Wapres Ma'ruf Amin berfoto bersama jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju yang baru dilantik di tangga beranda Istana Merdeka, Jakarta, pada 23 Oktober 2019. ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Masduki mengatakan, Jokowi dan Ma'ruf membahas isu-isu strategis dan hangat saat ini. Kemungkinan juga membahas tentang pergantian menteri atau reshuffle kabinet.

"Mungkin aja (membahas reshuffle). Kan namanya isu strategis," ucap Masduki.

2. Jokowi biasanya mengajak Ma'ruf membahas isu-isu strategis

Jokowi dan Ma'ruf Rapat Internal Siang Ini, Bahas Reshuffle Kabinet? Presiden Jokowi dan Wapres Maruf Amin berziarah sebagai bentuk peringatan Hari Pahlawan di TMP Kalibata pada Selasa (10/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan/Lucas)

Menurut Masduki, rapat internal bersama Jokowi ini memang sering dilakukan oleh Ma'ruf Amin. Terutama jika ada isu-isu terkini yang perlu dibahas keduanya.

"Biasanya Presiden begitu. Kalau ada hal-hal yang dianggap penting, Presiden mengajak bicara Wapres," kata Masduki.

3. Jokowi gelar rapat internal bersama Ma'ruf dari pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB

Jokowi dan Ma'ruf Rapat Internal Siang Ini, Bahas Reshuffle Kabinet? Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dikutip dari wapres.go.id, Ma'ruf Amin diagendakan mendampingi Jokowi dalam rapat internal pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 13.30 WIB. Rapat tersebut digelar usai acara pelantikan Komisi Yudisial pada pukul 09.30 WIB.

Isu perombakan Kabinet Indonesia Maju ini sudah mulai bergulir sejak Juni 2020, saat Jokowi menegur para menterinya karena tak puas dengan kinerja mereka. Kemudian, isu reshuffle sempat menghilang dan berembus kembali setelah KPK menangkap dua menteri Jokowi yaitu Juliari Batubara dan Edhy Prabowo karena kasus tindak pidana korupsi.

Baca Juga: Jokowi Sering Komunikasi dengan Ketum Parpol Koalisi, Bahas Reshuffle?

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya