Jokowi: Dewas dan Pimpinan KPK Saat Ini adalah Kombinasi yang Terbaik

Jokowi harap KPK semakin kuat di bawah kepemimpinan baru

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo telah melantik dewan pengawas dan pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) periode 2019-2023. Usai dilantik dan resmi menjabat sebagai pimpinan baru KPK, Jokowi berharap mereka bisa membawa lembaga antirasuah itu semakin baik.

Jokowi juga berharap bahwa pimpinan KPK dan dewan pengawas ke depannya bisa bekerja sama dengan baik.

1. Jokowi menilai dewan pengawas dan pimpinan KPK adalah kombinasi yang pas

Jokowi: Dewas dan Pimpinan KPK Saat Ini adalah Kombinasi yang TerbaikPresiden Jokowi bertemu dengan dewan pengawas dan pimpinan KPK periode 2019-2023, di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Junat 20 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Terkait dengan dewan pengawas sendiri, Jokowi meyakini bahwa mereka bisa bekerja sama dengan pimpinan KPK. Menurutnya, masing-masing dewan pengawas memiliki kapabilitas dan integritas yang baik di bidang hukum.

"Saya kira sebuah kombinasi yang sangat baik, sehingga memberikan fungsi terutama fungsi kontrol dan pengawasan terhadap komisioner KPK. Saya kira ini akan bekerja sama dengan baik dengan komisioner. Hitungan kita itu," ucap Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat (20/12).

Baca Juga: Revisi UU KPK Sah, O.C. Kaligis Terbitkan Buku "KPK Bukan Malaikat"

2. Jokowi berharap KPK bisa lebih kuat di bawah kepemimpinan baru

Jokowi: Dewas dan Pimpinan KPK Saat Ini adalah Kombinasi yang TerbaikPresiden Jokowi memberi sambutan di acara Brilianpreneur UMKM Export, di JCC, Jakarta Selatan, Jumat 20 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Kepada pimpinan KPK yang baru, Jokowi berharap bisa memperkuat lembaga tersebut. Selain itu, ia juga berharap KPK ke depannya bisa memberantas korupsi dan memberikan dampak bagi ekonomi dan negara.

"Saya meyakini insyaallah beliau-beliau, Ketua KPK dan komisioner KPK bisa membawa KPK yang lebih baik dengan didampingi dewas KPK," ujar Jokowi.

3. Deretan nama dewan pengawas dan pimpinan KPK yang terpilih

Jokowi: Dewas dan Pimpinan KPK Saat Ini adalah Kombinasi yang TerbaikKetua KPK Firli Bahuri di Kompleks Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Jumat 20 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Sebelumnya, Jokowi telah melantik lima pimpinan KPK dan lima dewan pengawas. Kelima pimpinan KPK antara lain, Ketua KPK Firli Bahuri, Wakil Ketua KPK Alexander Marwata, Wakil Ketua KPK Lili Pantauli Siregar, Wakil Ketua KPK Nawawi Pamolango, dan Wakil Ketua KPK Nurul Guhfron.

Sementara dewan pengawas terdiri dari Ketua Dewan Pengawas KPK Tumpak Panggabean, lalu para anggotanya yaitu Syamsuddin Haris, Artidjo, Albertina Ho, dan Harjono.

 

Baca artikel menarik lainnya di IDN Times App, unduh di sini http://onelink.to/s2mwkb

Baca Juga: Mahfud MD Sebut Dewas KPK yang Ditunjuk Jokowi Rekam Jejaknya 'Wow'

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya