Jokowi Dianggap Lakukan Kampanye Negatif, Begini Respons Moeldoko

Istilah Sontoloyo dan Gondorowo tidak direncanakan

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin, Moeldoko, menanggapi pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) yang menyebut pernyataan 'Sontoloyo dan Gondoruwo' masuk dalam kategori kampanye negatif.

Moeldoko mengatakan bahwa istilah yang digunakan Presiden Jokowi itu tidak mengandung hal yang negatif. Dan ia pun mempertanyakan letak negatif dari pernyataan itu di mana.

1. Pernyataan Jokowi tak dianggap kampanye negatif

Jokowi Dianggap Lakukan Kampanye Negatif, Begini Respons Moeldoko(Presiden Joko Widodo hadiri HUT ke-4 PSI) IDN Times/Teatrika Putri

Moeldoko mengatakan, pernyataan Jokowi itu bukan kampanye negatif. Dan menurutnya, hal yang dilarang oleh KPU adalah kampanye hitam.

"Loh kampanye negatif, yang gak boleh namanya black campaign. Negatifnya di mana?" ujar Moeldoko di kediaman Ma'ruf, Jalan Situbondo, Jakarta Pusat, Rabu (14/11).

Baca Juga: [Suara Millennials] Mengenal Moeldoko, Keseharian dan Kesibukannya 

2. Moeldoko sebut pernyataan Jokowi bersifat spontan

Jokowi Dianggap Lakukan Kampanye Negatif, Begini Respons MoeldokoDok. IDN Times

Moeldoko mengatakan pertanyaan Jokowi tersebut bersifat spontan, sama sekali tidak direncanakan. "Bukan bahasa yang direncanakan, itu bahasa spontan, jadi biasa saja," jelasnya.

3. Moeldoko sindir kampanye negatif lebih banyak dimainkan kubu Prabowo

Jokowi Dianggap Lakukan Kampanye Negatif, Begini Respons MoeldokoDok. IDN Times

Moeldoko mengatakan kampanye negatif justru lebih banyak dilakukan kubu lawan. "Oh iya lah semua ada feedback kalau kita ingin maju selalu begitu, ada feedback, move lagi dan seterusnya. Bahwasanya negatif campaign itu dimainkan sebelah (kubu Prabowo)," papar dia.

Baca Juga: Sandiaga Langkahi Makam Tokoh NU Jadi Viral, Ini Komentar Kubu Jokowi

Topik:

  • Dwi Agustiar
  • Yogie Fadila

Berita Terkini Lainnya