Jokowi: Indonesia Beruntung Pertama Lakukan Vaksinasi di Asia Tenggara

Karena diplomasi vaksin sudah berjalan sejak awal pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut, Indonesia sangat beruntung karena mendapatkan vaksin COVID-19 lebih awal. Bahkan, kata Jokowi, Indonesia menjadi negara pertama di Asia Tenggara yang menjalankan vaksinasi COVID-19.

"Indonesia termasuk negara pertama di Asia tenggara yang telah memulai vaksinasi sejak Januari 2021," kata Jokowi saat memberikan sambutan dalam acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic, yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (23/2/2021).

Baca Juga: Jokowi: Hari ke Hari Kita Pelajari COVID-19 dan Buat Kebijakan Terbaik

1. Beruntung karena diplomasi vaksin sudah berjalan sejak awal pandemik

Jokowi: Indonesia Beruntung Pertama Lakukan Vaksinasi di Asia TenggaraPresiden Jokowi beri sambutan di acara International Conference on Tackling the Covid-19 Pandemic (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Menurut Jokowi, Indonesi beruntung bisa mendapatkan vaksin karena sejak awal pemerintah sudah melakukan diplomasi vaksin. Sehingga, hasilnya Indonesia bisa melakukan vaksinasi lebih awal dibanding negara Asia Tenggara lainnya.

"Indonesia termasuk salah satu negara yang beruntung. Kita ini beruntung. Dari awal pandemi kita sudah bergerak mengamankan akses dan komitmen pasokan vaksin untuk negara kita Indonesia. Diplomasi vaksin kita sudah berjalan sejak awal pandemi," tutur Jokowi.

2. Jokowi akan terus dorong kesetaraan akses terhadap vaksin COVID-19

Jokowi: Indonesia Beruntung Pertama Lakukan Vaksinasi di Asia TenggaraIlustrasi Penyuntikan Vaksin (IDN Times/Arief Rahmat)

Jokowi menyampaikan, vaksinasi yang saat ini sudah dilakukan di Indonesia tentu memberikan harapan baru. Oleh karena itu, pemerintah akan tetap mendorong kesetaraan vaksin COVID-19 untuk masyakarat.

"Negara-negara di dunia berpacu untuk mengamankan vaksin bagi kebutuhan rakyatnya, namun jangan pernah lupa bahwa kita harus terus mendorong agar kesetaraan akses terhadap vaksin bagi semua dapat terus kita dorong," imbuh Jokowi.

3. Jokowi sebut pemerintah akan terus berupaya mencapai target vaksinasi

Jokowi: Indonesia Beruntung Pertama Lakukan Vaksinasi di Asia TenggaraIlustrasi vaksin atau jarum suntik (IDN Times/Arief Rahmat)

Mantan Wali Kota Solo ini juga mengatakan, proses vaksinasi masih terus berjalan di Tanah Air. Ia menargetkan, proses vaksinasi akan selesai akhir 2021.

"Saya berharap proses vaksinasi ini terus dan dapat rampung pada akhir tahun ini. Ini memang tantangan yang berat, namun kita akan berusaha sekuat tenaga untuk mencapai target tersebut," ucap Jokowi.

Baca Juga: Jokowi : Pemerintah Kurang Sosialisasi soal Vaksin COVID-19

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya