Jokowi Ingin Membangun Kepercayaan Internasional Melalui IMF

Menurut Jokowi tak mudah menyelenggarakan acara taraf dunia

Jakarta, IDN Times - Penyelenggaraan pertemuan tahunan International Monetary Fund-World Bank Group (IMF-WBG) di Bali berjalan sukses. Dalam acara bergengsi tingkat dunia tersebut, Presiden Joko 'Jokowi' Widodo rupanya memiliki misi tersendiri.

Dalam program Wawancara Khusus 4 Tahun Jokowi-Jusuf Kalla bersama Presiden Jokowi di Metro TV yang dipandu Don Bosco Selamun, Sabtu (20/10) malam, Jokowi mengatakan ia ingin Indonesia mendapatkan kepercayaan internasional melalui IMF.

Baca Juga: Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh 

1. Jokowi ingin membangun kepercayaan internasional lewat IMF

Jokowi Ingin Membangun Kepercayaan Internasional Melalui IMFDok.IDN Times/Istimewa

Menurut Jokowi, sebagai sebuah negara besar, Indonesia tentu ingin membangun sebuah kepercayaan internasional. Selain itu, lewat IMF juga Indonesia ingin membangun kepercayaan pasar dunia.

"Karena sebagus apapun sebuah negara, kalau kita tidak bisa membangun trust, tidak ada artinya," kata Jokowi.

Jokowi menyebutkan apa yang disampaikan 36 ribu peserta dalam penyelenggaraan IMF, menurutnya sebagai hal yang positif bagi Indonesia.

2. Tidak mudah menyelenggarakan acara-acara besar

Jokowi Ingin Membangun Kepercayaan Internasional Melalui IMFTwitter/@KSPgoid

Jokowi mengaku tidak mudah membangun kepercayaan dunia. Apalagi kepercayaan untuk menyelenggarakan acara-acara besar seperti Asian Games 2018, Asian Para Games 2018, dan IMF.

"Bukan sesuatu yang mudah karena menyangkut orang yang banyak 15 ribu, empat ribu, bagaimana secara detail manajemen harus dijalankan, mengelola tata waktu yang harus tepat waktu, itu menunjukkan profesionalistas kita," ujar dia.

3. Mendapatkan kepercayaan internasional juga akan mendapat investasi

Jokowi Ingin Membangun Kepercayaan Internasional Melalui IMFInstagram.com/The_IMF

Oleh karena itu, kata Jokowi, tidak mudah membangun kepercayaan internasional. Tetapi, apabila kepercayaan itu berhasil diraih Indonesia, maka investasi akan berdatangan.

"Investasi menjadi saingan antar-negara, harus berebut karena perputaran uang di sebuah negara sangat berpengaruh pada kesejahteraan rakyat, dan itu kemarin kita dapat kepercayaan dari IMF," kata Presiden.

Semoga kepercayaan itu benar-benar membawa kebaikan untuk masyarakat Indonesia, khususnya rakyat kecil. Setuju guys?

Baca Juga: Pidato Game of Thrones Banyak Dipuji, Ini Pesan Jokowi Sebenarnya

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya