Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh 

Jokowi menempati peringkat 16

Jakarta, IDN Times - Presiden Jokowi masuk dalam tokoh muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2019. Ia disebut lebih berpengaruh dibandingkan Ketua PBNU Said Aqil Siradj. 

"Saya kira ini penghargaan untuk kita semua, sebagai negara dengan penduduk muslim terbesar di dunia," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara, Minggu (21/10). 

1. 50 tokoh muslim dunia paling berpengaruh

Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Nama Presiden Jokowi berada pada urutan ke-16 dalam 50 daftar tokoh muslim paling berpengaruh di dunia 2019. Daftar ini dirilis oleh Pusat Studi Strategi Islam, lembaga riset yang berbasis di Amman, Yordania. 

Selain Presiden Jokowi, tokoh Muslim Indonesia yang masuk daftar tersebut adalah Ketua PBNU Said Aqil Siradj yang menempati urutan ke-20. 

Baca Juga: 4 Tahun Pimpin RI, Jokowi Blak-blakan Soal Tantangan Terberatnya

2. 50 tokoh paling berpengaruh disaring berdasarkan 13 kategori

Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

Lembaga riset di Amman tersebut mengelompokkan para tokoh muslim dunia berdasarkan 13 ketegori, antara lain akademisi di bidang keagamaan, politisi, pejabat urusan agama, ustaz, isu sosial, ekonomi, seni, bintang olahraga, hingga selebritas. 

3. Ada 1,9 miliar muslim di dunia

Presiden Jokowi Masuk Daftar 50 Tokoh Muslim Paling Berpengaruh IDN Times/Uni Lubis

Lembaga riset tersebut menyebutkan jumlah populasi umat Islam di dunia ini mencapai 1,9 miliar orang. Artinya, persentase umat Islam mencapai 24,7 persen dari total penduduk bumi saat ini.

Baca Juga: Jokowi: Jangan Sampai Kita Terjebak Hoaks, Fitnah dan Saling Mencela

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya