Jokowi Jadikan Pandemik Momentum Membangun Kota yang Tangguh 

Jokowi sebut pentingnya komunitas berbasis RT/RW

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyebut pentingnya hunian layak bagi masyarakat. Menurut dia, pandemik COVID-19 yang melanda Indonesia bisa dijadikan momen untuk membangun perkotaan yang lebih baik lagi.

"Saat ini Indonesia seperti negara-negara lain di dunia sedang menangani penyebaran COVID-19. Kami menjadikan pandemi ini sebagai pembelajaran untuk membangun perkotaan yang tangguh di masa depan," ujar Jokowi dalam sambutannya di peringatan Global Hari Habitat Dunia 2020, Senin (5/10/2020).

1. Selama pandemik, pemerintah mengaktifkan kembali komunitas berbasis rukun tetangga dan rukun warga

Jokowi Jadikan Pandemik Momentum Membangun Kota yang Tangguh Presiden Jokowi memimpin rapat terbatas pada Kamis (24/9/2020) di Istana Kepresidenan. Dok. Biro Pers Kepresidenan

Jokowi menjelaskan, selama masa pandemik, kekuatan komunitas berbasis rukun tetangga dan rukun warga diaktifkan oleh pemerintah untuk pemantauan penyebaran virus corona. Selain itu, komunitas tersebut juga turut membantu dalam membangun basis data penularan COVID-19, mendukung isolasi mandiri, dan membantu penyaluran jaring perlindungan sosial kepada warga terdampak.

"Selama pandemi, kami menyalurkan berbagai skema bantuan sosial seperti paket sembako, Bantuan Sosial Tunai, subsidi listrik, subsidi gaji, bansos produktif, Kartu Prakerja, dan Padat Karya Tunai," tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: Pemerintah Berusaha Keras Masyarakat Punya Rumah Layak Huni

2. Jokowi harap pandemik akan dijadikan momentum untuk merancang kebijakan perencanaan dan pengelolaan kota

Jokowi Jadikan Pandemik Momentum Membangun Kota yang Tangguh Presiden Jokowi kunjungan kerja ke NTT (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, pria kelahiran Solo ini juga menyebut bahwa pandemik COVID-19 turut menjadi momentum pembelajaran dan refleksi untuk merancang kebijakan perencanaan dan pengelolaan perkotaan yang inklusif dan berkeadilan. Serta, meningkatkan ketangguhan dalam menghadapi bencana alam maupun bencana non alam, termasuk ketangguhan terhadap wabah penyakit .

"Saya sangat berharap peringatan Hari Habitat Tahun 2020 ini dapat dimanfaatkan untuk saling berbagi gagasan, bertukar pengetahuan, keahlian dan pengalaman, menjalin kerja sama dan kolaborasi untuk meningkatkan ketangguhan kota dalam menghadapi pandemi dan bencana lainnya," ucap Jokowi.

3. Pemerintah menyiapkan program satu juta rumah agar masyarakat dapat menempati rumah layak huni

Jokowi Jadikan Pandemik Momentum Membangun Kota yang Tangguh Presiden Jokowi tinjau penataan kawasan dan pembangunan terminal multifungsi di Labuan Bajo (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyampaikan, rumah layak adalah kebutuhan dasar semua orang di seluruh dunia yang akan memperkuat keluarga, dan sebagai pilar utama kekuatan bangsa, serta berperan sebagai benteng pertahanan pertama melawan berbagai risiko kesehatan, termasuk pandemik COVID-19.

Jokowi mengungkapkan, pemerintah indonesia berusaha keras agar setiap warga negara dapat menempati rumah layak huni. Usaha itu telah dimulai pemerintah sejak 2015 lalu.

"Telah dilaksanakan program satu juta rumah, target pembangunan satu juta unit rumah per tahun sudah berhasil dilampaui pada tahun 2018 dengan fokus pada masyarakat berpenghasilan rendah" kata Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Geram Impor Garam Terus Berjalan

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya