Comscore Tracker

Jokowi ke Anies: 7,5 Juta Penduduk DKI Harus Selesai Vaksinasi Agustus

Jokowi minta Pemda dan rumah sakit kerja keras

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo memberikan target kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terkait program vaksinasi di DKI Jakarta. Usai meninjau vaksinasi massal di Rumah Susun Tanah Tinggi, Jakarta, Jokowi menargetkan 7,5 juta penduduk DKI sudah divaksinasi pada akhir Agustus 2021.

“Saya juga tadi telah menyampaikan kepada Gubernur DKI untuk nanti di akhir Agustus, target 7,5 juta penduduk di Jakarta harus sudah tervaksinasi. Ini memang target yang sangat ambisus. Tapi mau tidak mau, kita harus menuju ke sana untuk mencapai kekebalan komunal, herd immunity,” kata Jokowi seperti yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Baca Juga: Menkes Puji DKI, Vaksinasi Lansia Jakarta Paling Bagus di Indonesia

1. Jokowi ingin Pemda dan rumah sakit di DKI bekerja keras

Jokowi ke Anies: 7,5 Juta Penduduk DKI Harus Selesai Vaksinasi AgustusPresiden Jokowi tinjau vaksinasi COVID-19 di Waduk Pluit, Jakarta (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Untuk mencapai target tersebut, Jokowi berharap kerja keras semua pihak. Mulai dari pemerintah daerah hingga seluruh puskesmas dan rumah sakit.

“Karena DKI ini juga sama, interaksi antar masyarakatnya tinggi, mobilitas masyarakatnya juga tinggi, sehingga kecepatan vaksinasi sangat menentukan sekali penyebaran COVID-19,” kata presiden.

2. Jokowi ingin wilayah padat penduduk ditingkatkan vaksinasinya

Jokowi ke Anies: 7,5 Juta Penduduk DKI Harus Selesai Vaksinasi AgustusPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Mengenai proses vaksinasi di Rumah Susun Tanah Tinggi, orang nomor satu di Indonesia itu ingin agar proses vaksinasi di tempat-tempat padat penduduk seperti ini lebih ditingkatkan. Sehingga bisa mengurangi risiko penularan COVID-19.

“Bayangkan kalau di rusun ini satu saja ada yang yang terkena, menyebarnya akan cepat sekali. Sehingga vaksinasi sangat diperlukan di kawasan ini,” ucap Jokowi.

3. Jokowi targetkan minggu depan sebanyak 100 ribu orang divaksinasi di DKI per hari

Jokowi ke Anies: 7,5 Juta Penduduk DKI Harus Selesai Vaksinasi AgustusPresiden Jokowi tinjau vaksinasi massal di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat (youtube.com/Sekretariat Presiden)

Sebagai informasi, Jokowi juga telah memberikan target kepada Anies Baswedan saat meninjau proses vaksinasi di Waduk Pluit, Jakarta Utara. Dia menargetkan 100 ribu orang harus divaksinasi dalam sehari. Target itu dimulai dilakukan minggu depan.

"Kita harapkan DKI Jakarta mulai minggu depan, satu hari target yang kita berikan 100 ribu bisa dicapai, 100 ribu per hari,” ujar Jokowi dalam keterangan pers yang disiarkan langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (14/6/2021).

Jokowi menyampaikan, terdapat 5 ribu orang yang mengikuti program vaksinasi di Waduk Pluit hari ini. Ia berharap, dengan gencarnya vaksinasi, hal itu bisa menekan penyebaran COVID-19 di Jakarta.

“Kita harapkan penyebaran COVID di DKI Jakarta bisa kita hambat dan kita kurangi,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Pemprov DKI Jakarta Target Vaksinasi 256 Ribu Pekerja Transportasi  

Topic:

  • Rochmanudin
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya