Comscore Tracker

Jokowi Klaim Menang 54 Persen dari Hasil Hitung Cepat

Jokowi sebut Prabowo-Sandi hanya kantongi 45 persen suara

Jakarta, IDN Times - Calon presiden nomor urut 01, Joko "Jokowi" Widodo, mengklaim kemenangannya berdasarkan hasil quick count sejumlah lembaga survei. Ia menyatakan, pasangan Jokowi-Ma'ruf telah unggul dengan suara sebesar 54 persen dari pasangan Prabowo-Sandiaga.

1. Jokowi sebut unggul berdasarkan hasil quick count

Jokowi Klaim Menang 54 Persen dari Hasil Hitung CepatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Meski dirinya dan Ma'ruf unggul dalam hitungan cepat, namun Jokowi menyebut bahwa kubunya tetap menunggu hasil perhitungan suara resmi dari KPU. Walau demikian, Jokowi tetap mengklaim berhasil unggul di quick count.

"Hari ini setelah sampai hampir 100 persen menyatakan Jokowi-Amin mendapatkan persentase 54 persen dan Prabowo-Sandi 45 persen," kata Jokowi di Resto Pelataran, Jakarta Pusat, Kamis (18/4).

Baca Juga: [BREAKING] Prabowo: Saya dan Sandiaga Deklarasikan Kemenangan Pilpres

2. Jokowi sampaikan hasil real count tidak akan berbeda jauh dari quick count

Jokowi Klaim Menang 54 Persen dari Hasil Hitung CepatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ia mengatakan, hasil quick count adalah perhitungan ilmiah sehingga hasilnya tidak berbeda jauh dengan perhitungan real count dari KPU. Hal itu ia ungkapkan berdasarkan pengalaman Pemilu 2014.

"Kita tahu bahwa quick count ilmiah dan dari pengalaman Pemilu yang lalu, akurasinya 99 persen hampir sama dengan real count," ujar Jokowi.

3. Jokowi ucapkan terima kasih kepada beberapa pihak

Jokowi Klaim Menang 54 Persen dari Hasil Hitung CepatIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Kemudian, Jokowi tak lupa ucapkan terima kasih kepada para penyelenggara Pemilu seperti KPU, Bawaslu, dan DKPP. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada TNI dan Polri yang berhasil menjaga keamanan Pemilu 2019.

"Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah aktif berpartisipasi dalam pemilu dan menjaga keamanan. Tidak lupa terimakasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh parpol koalisi, relawan, jajaran nasional dan daerah serta semua pihak yang membantu kami," ucap Jokowi.

"Mari kita terus menjaga dan merawat persatuan kerukunan saudara sebangsa dan setanah air," katanya lagi.

Baca Juga: Jokowi Utus Seseorang Bertemu Prabowo

https://www.youtube.com/embed/qvRaIJ6C-u0

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Just For You