Comscore Tracker

Jokowi Mau Ajak Pimpinan G20 Kunjungi Hutan Mangrove

Jokowi akan tegaskan komitmen RI hadapi perubahan iklim

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menegaskan komitmen Indonesia dalam menghadapi perubahan iklim. Hal itu akan disampaikannya dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 Indonesia 2022 mendatang.

Hari ini, Jokowi meninjau langsung persiapan G20 di Bali. Usai meninjau Mangrove Conversation Forest yang menjadi salah satu venue, Jokowi mengungkapkan rehabilitasi mangrove menjadi komitmen kuat Indonesia pada perubahan iklim.

"Di sini adalah tempat yang ingin kami tunjukkan, yaitu hutan mangrove bersama persemaian mangrove. Kami akan tunjukkan Indonesia memiliki komitmen yang kuat dalam rangka perubahan iklim," kata Jokowi seperti yang ditayangkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Kamis (2/12/2021).

1. Jokowi akan ajak para pemimpin di G20 ke Mangrove Conversation Forest di Bali

Jokowi Mau Ajak Pimpinan G20 Kunjungi Hutan MangrovePresiden Jokowi Tanam Mangrove di Tana Tidung, Kalimantan Utara pada Selasa (19/10/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi kemudian menjelaskan Indonesia akan menunjukkan keseriusan hadapi perubahan iklim dengan merehabilitasi hutan mangrove, gambut, hingga restorasi lahan-lahan kritis yang ada di Tanah Air.

"Saya kira, komitmen yang ingin kami tunjukkan secara konkret, secara nyata di lapangan dan nanti 20 kepala negara akan diajak semuanya ke sini," ujar Jokowi.

Baca Juga: Presiden Jokowi Terbang ke Bali Tinjau Persiapan G20

2. Jokowi sebut presidensi G20 adalah kehormatan bagi Indonesia

Jokowi Mau Ajak Pimpinan G20 Kunjungi Hutan MangrovePresiden Jokowi dan Iriana melakukan kunjungan kerja ke Bali pada Kamis (2/12/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Indonesia resmi membuka presidensi Group of Twenty (G20). Jokowi mengatakan, presidensi G20 merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan bagi Indonesia.

"Kepercayaan ini adalah kesempatan bagi Indonesia untuk berkontribusi lebih besar bagi pemulihan ekonomi, untuk membangun tata kelola dunia yang lebih sehat, adil, dan berkelanjutan berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial," ujar Jokowi, dalam pidatonya yang ditayangkan pada YouTube Sekretariat Presiden, Rabu, (1/12/2021).

Sejalan dengan hal tersebut, presidensi G20 Indonesia akan mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger". 

3. Fokus Jokowi pada KTT G20

Jokowi Mau Ajak Pimpinan G20 Kunjungi Hutan MangrovePresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Nantinya, dalam KTT G20, fokus utama Indonesia adalah tiga hal yakni penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan energi berkelanjutan.

"Pertama, penanganan kesehatan yang inklusif. Kedua, transformasi berbasis digital. Ketiga, transisi menuju energi berkelanjutan," kata Jokowi.

Jokowi juga ingin agar presidensi Indonesia pada G20 tidak sebatas seremonial belaka. Indonesia mendorong negara-negara G20 untuk melakukan aksi-aksi nyata dan terobosan-terobosan besar.

"Indonesia akan terus mendorong negara-negara G20 membangun kolaborasi dan menggalang kekuatan untuk memastikan masyarakat dunia dapat merasakan dampak positif dari kerja sama ini," jelasnya.

Presidensi Indonesia juga akan digunakan untuk memperjuangkan aspirasi dan kepentingan negara-negara berkembang. Jokowi menegaskan Indonesia berusaha membangun tata kelola dunia yang lebih adil. 

"Indonesia berupaya memperkuat solidaritas dunia mengatasi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan, dan menggalang komitmen negara maju membantu negara berkembang, negara kaya membantu negara miskin," kata Jokowi.

Baca Juga: Indonesia-India Siap Pamerkan Kehebatan Negara Berkembang pada G20

Topic:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya