Jokowi: Meski Sekarang Hadapi Banjir, Kebakaran Hutan Jangan Kendor!

Jokowi bakal pecat kepala daerah yang lengah

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengingatkan kepada para menteri dan kepala daerah, agar tidak lengah terhadap ancaman kebakaran hutan dan lahan, meskipun saat ini Indonesia tengah menghadapi bencana banjir serta tanah longsor.

"Saya ingin mengingatkan kita semua, meskipun kita tengah menghadapi bencana banjir dan tanah longsor di beberapa daerah, tapi kesiapan untuk menghadapi ancaman kebakaran hutan dan lahan tidak boleh kendor," kata Jokowi seperti yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (22/2/2021).

Baca Juga: Kaltim Bentuk Masyarakat Peduli Api untuk Antisipasi Kebakaran Hutan

1. Jokowi ingin rencana pencegahan dilakukan dengan matang

Jokowi: Meski Sekarang Hadapi Banjir, Kebakaran Hutan Jangan Kendor!Presiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Untuk menghadapi ancaman bencana di Indonesia, Jokowi berharap, rencana pencegahan dilakukan dengan matang. Selain itu, ia juga ingin agar sinergi semakin kuat dan eksekusi di lapangan yang semakin efektif.

"Karena berdasarkan laporan BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) 2021, sebagian besar wilayah Indonesia masih mendapat hujan menengah, tinggi hingga April. La Nina masih bertahan sampai semester baru. Mei diperkirakan jadi fase transisi dari musim hujan ke kemarau, tapi kita masih harus tetap waspada, jangan lengah," ujar presiden.

2. Jokowi kembali ancam akan copot elite TNI-Polri yang tidak tangani kebakaran hutan dan lahan

Jokowi: Meski Sekarang Hadapi Banjir, Kebakaran Hutan Jangan Kendor!Presiden Jokowi hadir di KTT ke-37 ASEAN secara virtual, di Istana Kepresidenan Bogor (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi kembali mengingatkan kesepakatan yang sering ia gaungkan terkait pencopotan Pangdam, Kapolda, Kapolres Danrem, hingga Dandim, jika ada kebakaran di daerahnya masing-masing tetapi tidak ada tindakan.

"Kalau di wilayah saudara-saudara ada kebakaran dan membesar dan tidak tertangani dengan baik. Aturan mainnya tetap sama (dicopot dari jabatannya), belum saya ganti," tutur kepala negara.

3. Jokowi ingatkan Gubernur Riau dan Kalimantan Barat soal kebakaran hutan dan lahan

Jokowi: Meski Sekarang Hadapi Banjir, Kebakaran Hutan Jangan Kendor!Ilustrasi kebakaran hutan (ANTARA FOTO/Anis Efizudin)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu mengaku mendapat laporan kebakaran hutan dan lahan sejak awal Januari. Ia mengatakan, di Riau bahkan sudah ada 29 kejadian.

"Ini hati-hati Pak Gubernur Riau. Meski bisa ditangani, jangan sampai ada muncul lagi. Di Kalimantan Barat juga sama, ada 52 kejadian. Hati-hati Kalimantan Barat, meski bisa tertangani tapi kita semua harus hati-hati," kata Jokowi.

Baca Juga: Ancaman COVID-19 Belum Selesai, Kebakaran Hutan Mengintai

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya