Jokowi Minta Erick Thohir Rombak Total BUMN

BUMN selalu dianggap menjadi 'sarang' para koruptor

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo akan merombak total Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Selama ini, BUMN selalu dianggap menjadi 'sarang' para koruptor dan juga banyak aset tak produktif.

Meskipun Jokowi tak ingin terlalu mencampuri hal yang terlalu teknis di BUMN, namun ia tetap meminta Menteri BUMN Erick Thohir untuk merombak total.

1. Jokowi minta perombakan total di BUMN

Jokowi Minta Erick Thohir Rombak Total BUMNPresiden Jokowi memberikan keterangan pers di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019 (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Jokowi berharap BUMN ke depannya semakin baik. Oleh karena itu, ia meminta agar Erick melakukan perombakan total di BUMN.

"Yang jelas, saya ingin pengelolaan di BUMN diperbaiki, baik perombakan total, maupun manajemen yang ada," kata Jokowi di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Senin (2/12).

Baca Juga: Erick Thohir Batalkan Mimpi Rini Soemarno Buat Super Holding

2. Jokowi minta semua aset BUMN harus produktif

Jokowi Minta Erick Thohir Rombak Total BUMNRaker Menteri BUMN bersama Komisi VI (IDN Times/Auriga Agustina)

Jokowi berpesan agar semua aset yang dimiliki BUMN harus produktif. Ia mengingatkan Erick Thohir untuk memastikan hal tersebut.

"Jangan sampai ada aset yang tidak produktif, sehingga mengurangi produktivitas yang ada di manajemen," ujar Jokowi.

3. Soal urusan direksi dan komisaris BUMN, Jokowi minta tanyakan langsung pada Erick Thohir

Jokowi Minta Erick Thohir Rombak Total BUMNMenteri BUMN Erick Thohir dan Gubernur Bali I Wayan Koster. (Dok.Kementerian BUMN)

Terkait para mantan menteri yang disebut akan menduduki kursi direksi BUMN, Jokowi enggan berkomentar jauh. Menurut dia, itu adalah kewenangan dari Erick.

"Urusan BUMN, apalagi yang berkaitan dengan teknis, itu berkaitan dengan Menteri BUMN. Tanya ke Pak Erick langsung," ucap dia.

Baca Juga: Jokowi akan Terapkan Kecerdasan Buatan untuk Eselon IV Dulu

Topik:

  • Dwifantya Aquina
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya