Jokowi: Mulai Sore Ini Pemerintah Rapid Test untuk Cek Virus Corona 

Pemerintah prioritaskan wilayah yang banyak virus coronanya

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan, pemerintah telah membuka rapid test atau tes cepat untuk mendeteksi gejala awal virus corona COVID-19. Jokowi menyampaikan, rapid test sudah mulai dilakukan pemerintah sejak hari ini, Jumat (20/3).

"Hari ini pemerintah sudah mulai rapid test untuk sebagai indikasi awal apakah seseorang terjangkit COVID-19 atau tidak," ujar Jokowi dalam keterangan persnya, di Istana Kepresidenan Bogor, yang disiarkan langsung melalui channel YouTube Sekretariat Presiden, Jumat.

Dia menambahkan, saat ini pemerintah akan memprioritaskan wilayah yang menurut hasil pemetaan menunjukkan paling rawan penyebaran virus coronanya.

"Selain itu, pemerintah sudah memutuskan desentralisasi tes yang memberikan kewenangan kepada laboratorium-laboratorium yang telah ditunjuk Kemenkes," ungkap dia.

Jokowi menyampaikan, rapid test dimulai sore ini di wilayah yang telah di-tracing atau dilacak oleh pemerintah. Wilayah tersebut merupakan wilayah di mana banyak terjadi kontak langsung dengan pasien positif terinfeksi virus corona.

"Sehingga dari situ lah didatangi dari rumah ke rumah untuk di tes. Jadi memang ada prioritas dan kita prioritaskan wilayah yang menurut pemetaan menunjukkan indikasi paling rawan," jelas Jokowi.

Baca Juga: Cegah Virus Corona, Masjid Istiqlal Tiadakan Salat Jumat 2 Minggu 

Topik:

  • Sunariyah
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya