Jokowi Perintahkan Panglima-Kapolri Tangkap Semua Anggota KKB Papua

Jokowi sebut tak ada tempat bagi KKB di Tanah Air

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo memerintahkan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk menangkap semua anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB). Perintah ini dikeluarkan Jokowi usai gugurnya Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, akibat kontak tembak dengan KKB.

"Saya juga telah memerintahkan kepada Panglima TNI dan Kapolri untuk terus mengejar dan menangkap seluruh anggota KKB. Saya tegaskan, tidak ada tempat untuk kelompok-kelompok kriminal bersenjata di tanah Papua maupun di seluruh pelosok Tanah Air," tegas Jokowi dalam keterangan persnya yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Senin (26/4/2021).

Baca Juga: [BREAKING] Jokowi Menaikkan Pangkat Kepala BIN Papua yang Gugur Ditembak KKB

1. Jokowi beri penghargaan kenaikan satu pangkat bagi Kabinda Papua

Jokowi Perintahkan Panglima-Kapolri Tangkap Semua Anggota KKB PapuaPresiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Atas peristiwa tersebut, Jokowi pun memberikan penghargaan dengan manaikkan satu tingkat pangkat Danny yang gugur akibat kontak tembak dengan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi atas dedikasi, pengabdian serta pengorbanan Brigjen TNI I Gusti Putu Danny," kata Jokowi.

2. Jokowi sampaikan duka cita mendalam atas meninggalnya I Gusti Putu Danny

Jokowi Perintahkan Panglima-Kapolri Tangkap Semua Anggota KKB PapuaKabinda Papua I Gusti Putu Danny (dok. Puspen TNI)

Ia pun menyampaikan belasungkawa dan meminta pada keluarga Danny agar diberi ketabahan.

"Atas nama rakyat, bangsa, dan negara saya menyampaikan rasa duka cita yang mendalam kepada keluarga dan yang ditinggalkan. Mari kita mendoakan semoga arwah alamarhum Brigjen TNI I Gusti Putu Danny mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa," ucap Jokowi.

3. Kepala BIN Papua gugur setelah ditembak oleh KKB

Jokowi Perintahkan Panglima-Kapolri Tangkap Semua Anggota KKB PapuaKorban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dibawa menggunakan truk menuju pesawat saat evakuasi di Intan Jaya, Papua, Senin (14/9/2020) (ANTARA FOTO/Humas Polda Papua)

Sebelumnya, Kepala BIN Daerah (Kabinda) Papua Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha dinyatakan meninggal dunia di Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Minggu (25/4/2021).
 
"Memang benar Brigjen TNI Putu Dani yang menjabat Kabinda dilaporkan meninggal di Beoga," kata Kapolda Papua Irjen Pol Mathius Fakhiri, dikutip dari ANTARA.

Mathius menjelaskan, Danny ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Beoga saat meninjau lokasi pembakaran yang dilakukan KKB di Beoga, Kabupaten Puncak Jaya, Papua. Aksi pembakaran di Beoga berlangsung dua pekan lalu.

Terkait insiden tersebut, Deputi VII BIN Wawan Hari Purwanto menyebut KKB sebagai kelompok separatis dan teroris (KST).

“Kontak tembak tersebut terjadi akibat Kelompok Separatis dan Teroris (KST) Papua melakukan penghadangan dan penyerangan terhadap rombongan Kabinda,” kata Wawan dalam keterangan tertulisnya, Senin (26/4/2021).

Wawan menjelaskan, Kehadiran Kabinda Papua di Kampung Dambet adalah dalam rangka observasi lapangan guna mempercepat pemulihan keamanan pasca-aksi brutal kelompok separatis dan teroris (KST) Papua di wilayah tersebut.

“Kunjungan Pimpinan tertinggi BIN Papua di lapangan juga sebagai upaya untuk meningkatkan moril dan semangat kepada masyarakat yang selama ini terganggu oleh kekejaman dan kebiadaban KST Papua,” ujar Wawan.

Kontak tembak terjadi saat patroli Satgas BIN bersama dengan TNI-Polri melakukan perjalanan menuju Kampung Dambet. Namun, sekitar pukul 15.50 WIT, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri dihadang oleh KST sehingga terjadi aksi saling tembak di sekitar gereja Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak.

“Akibat kontak tembak tersebut Kabinda Papua tertembak dan gugur sebagai pahlawan di lokasi kejadian,” ujar Wawan.

Baca Juga: Pangkogabwilhan III Melepas Jenazah Kepala BIN Papua di Timika

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya