Comscore Tracker

Jokowi: Regulasi yang Tidak Sesuai Zaman Harus Dihapus!

"Jangan ada regulasi yang meruwetkan," tegasnya.

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyampaikan pidato kenegaraan di Sidang Tahunan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI pada Jumat (16/8). Dalam pidatonya tersebut, Jokowi mengatakan agar kementerian dan lembaga negara tidak mempersulit regulasi bagi masyarakat dan pelaku usaha.

"Kita tidak bisa membiarkan regulasi yang menjebak kita menakut-nakuti kita yang justru menghambat inovasi. Ini harus dibongkar sampai ke akar-akarnya," ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, regulasi yang tidak konsisten harus diselaraskan, dan yang tidak sesuai zaman harus dihapus.

"Regulasi yang tidak sesuai dengan perkembangan zaman harus dihapus. Regulasi yang tidak konsisten dan tumpang tindih antara satu dan lainnya harus diselaraskan, disederhanakan, dan dipangkas," ujar Jokowi dengan berapi-api.

Lebih lanjut, Jokowi ingatkan agar kementerian dan lembaga negara harus bisa memanfaatkan teknologi baru. Meski demikian, ia berpesan agar jangan sampao teknologi juga merusak keadaban bangsa.

"Kita juga harus tanggap terhadap tantangan baru yang belum diatur dalam peraturan perundang-undangan. Pemanfaatan teknologi yang merusak keadaban bangsa, yang membahayakan persatuan dan kesatuan, yang membahayakan demokrasi, harus kita atur secara terukur," jelas Jokowi.

Baca Juga: [LINIMASA] Sidang Tahunan MPR 2019, Jokowi Beri Kejutan Apa?

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya