Comscore Tracker

Jokowi: RI Peringkat ke-6 Dunia Jumlah Vaksinasi COVID-19 Terbanyak

Jokowi minta kerja sama semua pihak atasi pandemik

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo mengatakan pemerintah saat ini terus menggenjot percepatan vaksinasi COVID-19 pada masyarakat. Atas upaya tersebut, Indonesia berhasil menduduki peringkat keenam sebagai negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia.

"Kita cukup berhasil mengamankan pasokan vaksin COVID-19 yang diperebutkan hampir 220 negara, bahkan saat ini kita berada di peringkat ke-enam dunia sebagai negara dengan jumlah orang terbanyak yang telah divaksin berdasarkan total seluruh dunia," kata Jokowi dalam acara pelantikan Dewan Pengurus Nasional Partai Keadilan dan Persatuan (DPN PKP), Jumat (24/9/2021).

Baca Juga: Jokowi: Jangan Senang Berlebihan Meski Sudah Divaksin COVID-19

1. Jokowi klaim pemerintah telah bekerja extraordinary dalam penanganan pandemik

Jokowi: RI Peringkat ke-6 Dunia Jumlah Vaksinasi COVID-19 TerbanyakPresiden Jokowi tinjau vaksinasi door to door di Deli Serdang, Sumatra Utara pada Kamis (16/9/2021). (dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi mengklaim, hampir dua tahun terakhir pemerintah telah bekerja untuk mengatasi pandemik COVID-19 dengan langkah-langkah luar biasa atau extraordinary. Salah satunya memberikan bantuan sosial kepada masyarakat.

"Menangani bidang kesehatan, memberikan perlindungan sosial bagi kelompok masyarakat yang rentan dan miskin, dan memberikan dukungan bagi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menangah) dan dunia usaha, agar mampu bertahan dan bergerak kembali. Kita juga bergerak dalam memperoleh vaksin yang sedang diperebutkan  negara-negara di dunia," tutur dia.

2. Jokowi minta semua elemen masyarakat bantu atasi pandemik COVID-19

Jokowi: RI Peringkat ke-6 Dunia Jumlah Vaksinasi COVID-19 TerbanyakWarga beraktivitas di zona merah COVID-19 RT 006 RW 01, Gandaria Selatan, Cilandak, Jakarta Selatan, Senin (21/6/2021). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan.

Menurut Jokowi, dalam mengatasi pandemik COVID-19, pemerintah tidak bekerja sendiri. Dia mengaku membutuhkan bantuan dari semua elemen.

"Partisipasi seluruh elemen masyarakat sangat diperlukan. Bersatu, bergotong-royong, menghadapi pandemik. Saling membantu tanpa melihat perbedaan adalah kunci agar bangsa kita tetap tangguh," kata dia.

3. Jokowi berharap peran PKP semakin besar

Jokowi: RI Peringkat ke-6 Dunia Jumlah Vaksinasi COVID-19 TerbanyakPresiden Jokowi pimpin rapat terbatas di Istana Merdeka pada Senin (19/10/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Dalam acara PKP itu, mantan Wali Kota Solo ini berterima kasih kepada para tokoh senior dan kader PKP yang telah membantu dalam penanganan pandemik COVID-19, dengan mengajak masyarakat agar disiplin protokol kesehatan dan mengikuti vaksinasi.

"Sebagai salah satu kekuatan strategis bangsa, saya berharap ke depan peran PKP dalam berbagai bidang semakin besar, terutama dalam memperkuat pilar kebangsaan, mengokohkan persatuan Indonesia yang majemuk dan mendukung kemajuan Indonesia," ucap Jokowi.

Baca Juga: Ingin Target Vaksin Tercapai, Jokowi: Pemerintah Kerja Siang dan Malam

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya