Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker!

Jokowi yakin Indonesia bisa hadapi pandemik COVID-19

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengimbau masyarakat untuk selalu memakai masker. Hal itu menjadi salah satu upaya untuk memutus rantai penyebaran virus corona di Indonesia.

“Bapak, ibu, saudara-saudara, saat ini semua wajib pakai masker,” kata Jokowi dalam sebuah video berdurasi 10 detik yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (18/7/2021).

1. Jokowi yakini Indonesia bisa menghadapi pandemik COVID-19

Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker!Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Jokowi meyakini bahwa pandemik COVID-19 akan bisa dilalui oleh Indonesia. Ia optimistis Indonesia bisa mengatasi pandemik.

“Kita pasti bisa menghadapi pandemik ini. Indonesia pasti bisa,” ujar Jokowi.

Baca Juga: 7 Tanda Oli Motor Harus Segera Diganti, Jangan Tunggu Turun Mesin

2. Jokowi minta penyekatan dievaluasi apakah menurunkan kasus atau tidak

Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker!Petugas keamanan dibantu personel TNI memeriksa warga yang akan masuk di salah satu kompleks perumahan yang melakukan karantina wilayah di Indramayu, Jawa Barat, Rabu (23/6/2021). ANTARA FOTO/Dedhez Anggara.

Jokowi sebelumnya meminta jajarannya untuk mengevaluasi penyekatan selama Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. Sebab, dia melihat jalanan masih ramai, sehingga Jokowi mempertanyakan apakah penyekatan efektif menurunkan mobilitas atau tidak.

"Kita telah melakukan penyekatan-penyekatan, tapi kalau saya lihat malam, pagi tadi ke Pulo Gadung, saya liat masih cukup ramai. Malam saya ke kampung juga ramai banget. Artinya penyekatan ini mungkin perlu kita evaluasi. Apakah efektif juga menurunkan kasus karena ini yang terkena banyak di keluarga," kata Jokowi dalam rapat terbatas soal evaluasi PPKM Darurat, Jumat (16/7/2021), yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Jokowi menyampaikan, saat ini justru banyak kasus COVID-19 yang muncul dari klaster keluarga. Oleh karena itu, dia meminta adanya antisipasi dan kajian lebih detail soal penyekatan.

"Sekali lagi, tolong ada kajian yang lebih detail mengenai penyekatan ini. Karena, menurut saya kuncinya justru karena klasternya keluarga. Kuncinya, justru urusan memakai masker. Kedisiplinan protokol kesehatan pakai masker terutama," ujar Jokowi.

3. BNPB disentil Jokowi, belum proaktif kampanyekan pakai masker

Jokowi: Saat Ini Semua Wajib Pakai Masker!Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Mengenai protokol kesehatan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyentil Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) karena dinilainya kurang proaktif dalam menyosialisasikan kampanye masker.

"BNPB bekerja keras betul urusan yang berkaitan dengan memberi masker, kampanye, yang saya lihat sampai hari ini belum," kata Jokowi.

Baca Juga: Ade Armando Sebut Ada Pemerasan Karantina Hotel, Ini Penjelasan BNPB

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya