Jokowi: Senyum Anak Indonesia Buat Saya dan Bu Iriana Semangat Bekerja

Pak Jokowi titip pesan nih buat anak-anak Indonesia

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo berpesan kepada anak-anak Indonesia dalam peringatan Hari Anak Nasional yang jatuh pada Kamis (23/7/2020). Dalam peringatan yang ditujukan untuk menumbuhkan kepedulian terhadap perlindungan anak-anak Indonesia pada tahun 2020 ini, Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Jokowi menyapa seluruh anak Indonesia melalui video yang diunggah di channel YouTube Sekretariat Presiden.

"Selamat pagi anak-anakku di seluruh Tanah Air? Apa kabar semuanya? Semoga semuanya sehat ya. Tetap semangat dan selalu gembira," ujar Jokowi dan Iriana secara bersahutan.

Dalam unggahan video tersebut, Jokowi memberikan pesan khusus pada anak-anak Indonesia. Apa ya kira-kira pesan dari presiden?

1. Jokowi sebut senyum anak Indonesia adalah kekuatan saat bekerja

Jokowi: Senyum Anak Indonesia Buat Saya dan Bu Iriana Semangat BekerjaDok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Jokowi mengatakan anak-anak Indonesia memang memiliki kesan tersendiri bagi dia dan Iriana, terutama karena bisa menghapuskan lelah saat bekerja.

"Setiap saya dan Ibu Iriana berkunjung ke daerah baik itu ke Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Papua, Maluku, Nusa Tenggara, ke manapun di Tanah Air ini ada satu hal yang selalu membuat saya dan Ibu Iriana semangat bekerja, yaitu melihat senyum anak-anak di Indonesia," ucap Jokowi.

Baca Juga: Sambut Hari Anak Nasional, Ditjen Pas Berikan Remisi pada 857 Anak

2. Jokowi minta anak-anak untuk disiplin cuci tangan dan hindari kerumunan

Jokowi: Senyum Anak Indonesia Buat Saya dan Bu Iriana Semangat BekerjaPresiden Jokowi bersama dengan Istrinya Ibu Iriana (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi lalu mengatakan saat ini pandemik virus corona tengah melanda Indonesia. Karena adanya wabah tersebut, anak-anak yang biasanya bersekolah dengan tatap muka, harus melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara virtual atau daring.

"Anak-anak, saat ini ada pandemik virus corona. Tapi saya tahu anak-anak pasti tidak sabar ingin sekolah, tidak sabar ingin bermain dengan teman-temannya, tidak sabar ingin bertemu dengan kakek-neneknya yang jaraknya jauh. Pagi hari ini Ibu Iriana ingin berpesan kepada anak-anak. Ayo Bu apa pesannya?" kata Jokowi lagi.

"Disiplin mencuci tangan setelah bermain, setelah belajar, dan setelah berkegiatan. Disiplin memakai masker kalau keluar rumah dan menghindari kerumunan di manapun anak-anak berada," sahut Iriana.

3. Jokowi minta anak-anak terus taati protokol kesehatan

Jokowi: Senyum Anak Indonesia Buat Saya dan Bu Iriana Semangat BekerjaDok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan

Kepada seluruh anak Indonesia, Jokowi dan Iriana mengingatkan anak-anak untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan dengan cara mengenakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan, hingga sering mencuci tangan. Adaptasi terhadap kebiasaan baru tersebut harus selalu dilakukan sebagai upaya menghindari penularan dan penyebaran virus korona penyebab pandemi.

Selain itu, keduanya juga mengajak anak-anak Indonesia untuk tetap semangat belajar dari rumah dan berdoa agar pandemik COVID-19 ini dapat segera berlalu, sehingga anak-anak Indonesia dapat kembali berkumpul bersama guru dan teman-temannya di sekolah.

"Anak-anak terus belajar ya. Jangan lupa untuk tetap rajin beribadah, berdoa, kepada Tuhan Yang Maha Esa agar pandemi virus korona ini segera berlalu agar anak-anak bisa kembali belajar dengan guru di sekolah dan bermain dengan teman-temannya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Hari Anak Nasional, Menteri PPPA Minta Orangtua Bersabar Dampingi Anak

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya