Comscore Tracker

Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBB

Palestina satu-satunya negara dalam KAA yang belum merdeka

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko "Jokowi" Widodo menyatakan dukungannya terhadap kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang ke-75. 

"Indonesia terus konsisten memberikan dukungan bagi Palestina untuk mendapatkan hak-haknya," ujar Jokowi dalam pidatonya seperti yang disiarkan langsung di channel YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (23/9/2020).

1. Palestina merupakan satu-satunya negara dalam Konferensi Asia Afrika yang belum merasakan kemerdekaan

Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBBJokowi memimpin rapat terbatas pada Selasa (22/9/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Jokowi menyampaikan Palestina sampai hari ini belum merasakan kemerdekaannya. Palestina menjadi satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Asia Afrika dan belum mendapatkan kemerdekaan.

"Palestina adalah satu-satunya negara yang hadir di Konferensi Bandung, yang sampai sekarang belum menikmati kemerdekaannya," tutur Jokowi.

Baca Juga: Jokowi: PBB Bukan Sekadar Sebuah Gedung di New York, Tapi Komitmen!

2. Jokowi sebut negara-negara ASEAN berkomitmen untuk menjaga perdamaian

Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBBPresiden Joko memberikan pidato di Sidang Umum PBB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Kemudian, dalam kesempatan itu Jokowi juga menyinggung tentang komitmen negara-negara ASEAN dalam menjaga perdamaian. Ia juga mengungkapkan komitmen Indonesia yang terus menjadi jembatan perdamaian.

"Indonesia akan terus menjaga Asia Tenggara, sebagai kawasan yang damai, stabil, dan sejahtera," kata Jokowi lagi.

3. Pada hari jadi ke-53, ASEAN tegaskan komitmen untuk terus menjaga perdamaian

Jokowi Serukan Dukungan Kemerdekaan Palestina dalam Sidang Umum PBBPresiden Jokowi beri pidato di Sidang Umum PBB (Dok.Biro Pers Kepresidenan)

Lebih lanjut, pria yang pernah menjabat sebagai Wali Kota Solo itu menyebut pada hari jadinya yang ke-53, 8 Agustus 2020 yang lalu, ASEAN kembali menegaskan komitmennya untuk terus menjaga perdamaian dan stabilitas kawasan.

"Spirit kerja sama dan perdamaian inilah yang kemudian didorong Indonesia ke kawasan yang lebih luas kawasan Indo-Pasifik melalui ASEAN Outlook on the Indo-Pacific," jelas dia.

Baca Juga: Jokowi: Vaksin akan Jadi Game Changer dalam Perang Lawan COVID-19 

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya