Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Ini Kata Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin belum usulkan nama menteri

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden terpilih periode 2019-2024, Ma'ruf Amin mengungkapkan, akan segera membahas masalah menteri Kabinet Kerja jilid II bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo.

Hal itu disampaikan Ma'ruf usai menghadiri acara silaturahmi dan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Komunitas Maritim di Grand Sahid Jaya, Jakarta Pusat, Kamis (18/7).

Baca Juga: Berebut Kursi MPR: PKB Lobi Ma'ruf Amin, Golkar Dekati Pimpinan Partai

1. Pembahasan kabinet akan dilakukan dalam waktu dekat

Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Menjelang pelantikan Jokowi dan Ma'ruf Amin sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024, pembahasan tentang kursi kabinet semakin gencar. Disebutkan,  pembahasan kabinet akan dimulai pertengahan Juli ini.

Namun, saat ditanya kepada Ma'ruf tanggal pasti pembahasan kabinet, ia enggan memberitahu lebih jauh. Dia hanya mengatakan, pembahasan akan dimulai dalam waktu dekat. "Sebentar lagi kan (bahas kabinet)," kata Ma'ruf.

2. Ma'ruf belum usulkan nama untuk kabinet

Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Ma'ruf sendiri sebagai wakil presiden terpilih mempunyai hak memberikan masukan untuk nama-nama yang dinilai potensial duduk di kabinet. Tetapi, Ma'ruf mengaku hingga saat ini belum mengusulkan nama-nama.

"Belum, nanti kan ada perbincangan. Waktunya sudah ada," ucap dia.

3. Jokowi sudah kantongi nama menteri dan akan segera diumumkan

Jokowi Sudah Kantongi Nama Menteri, Ini Kata Ma'ruf AminIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Sementara, Jokowi sebelumnya mengatakan, dia telah mengantongi nama-nama yang menurutnya cocok mengisi kursi menteri. Ia menyampaikan, porsinya antara profesional dan partai politik bisa 60:40 atau 50:50.

Mengaku sudah kantongi nama, Jokowi juga menyebut sudah menyiapkan blue print nama-nama menteri. Ia menyampaikan, akan segera mengumumkan jajaran menteri Kabinet Kerja Jilid II.

"Sudah (kantongi nama), sudah. Secepatnya (diumumkan)," jelas Jokowi di JCC, Jumat (12/7).

Baca Juga: Deretan Menteri yang Diprediksi Tanggalkan Jabatan di Kabinet Jokowi

Topic:

  • Sunariyah

Just For You